Rangkaian Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Sederhana

Rangkaian Pendeteksi Kebocoran Gas Sederhana – Assalamu’alaikum teman teman, kembali lagi di Cronyos.com, kali ini kita akan belajar cara membuat alat / rangkaian yang berfungsi untuk mendeteksi kebocoran gas LPG ( elpiji ) atau gas lainnya yang mudah terbakar. Rangkaian yang akan kita buat kali ini sederhana saja, namun memiliki fungsi / kinerja yang cukup baik, alat ini akan membunyikan Buzzer / Alarm yang berbunyi “beeppp” ketika ada kebocoran gas terdeteksi.

Untuk rangkaian kita kali ini kita menggunakan sensor MQ-2, selain harganya yang murah cara penggunaannyapun juga mudah. untuk cara kerja sensornya sendiri silahkan cari di Google aja ya, kita nanti mau bahas cara kerja rangkaiannya aja.

Sebelum kita memulai belajar tentang bagaimana membuatnya tentunya kita perlu menyiapkan bahan nya dulu ya :

  1. Sensor Gas MQ-2
  2. Transistor BC557
  3. Buzzer 5 volt
  4. Jack DC
  5. Resistor 100 ohm – 10 KiloOhm

Setelah bahan bahan diatas didapat maka sekarang saatnya kita buat rangkaiannya, buat rangkaiaanya seperti berikut ini ya.

Rangkaian Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Sederhana

Gimana Simple bgt bukan? sekarang coba kita analisis bagaimana cara kerja dari rangkaian tersebut.

1. Cara Kerja Modul Sensor Gas MQ-2

Pada modul ini terdapat 4 pin yaitu, VCC, D0 / pin digital, A0 / pin Analog, dan Gnd / Ground. pin VCC dan GND tentu temen temen semua udah pada ngerti kan ya? pin ini untuk power supply buat modul ini. nah kalau Pin Analog dan Digital beda urusan 🙂 Pin Analog akan mengeluarkan sinyal Analog (0-5 volt) semakin tinggi kepekatan gas yang terdeteksi maka voltase sinyal yang keluar juga akan semakin tinggi. dan untuk pin digital akan mengeluarkan sinyal digital On & Off. akan On jika tidak ada gas mudah yang terdeteksi dan Off jika ada gas yang terdeteksi, makanya pada rangkaian ini kita menggunakan transistor BC557 / Tr PNP.

Baca Juga  Cara Mengetahui Perbedaan Led dan Photodioda

2. Cara Kerja Rangkaian Pendeteksi Gas LPG Bocor

Pertama Tegangan masuk melalui jack DC, lalu Tegangan diregulasi menjadi 5 volt. arus positif masuk ke Modul Sensor Gas MQ-2 dan Transistor BC557. sedangkan arus negatif masuk ke modul sensor mq-2 dan kaki negatif buzzer. nah karena belum ada triger di kaki basis tr bc557 maka buzzer belum menyala, dan saat sensor gas mendeteksi adanya gas misal LPG maka modul sensor akan memberikan arus negatif ke tr BC557 sehingga arus positif akan mengalir dan mengaktifkan buzzer.

Oh iya, di modul Sensor Gas MQ-2 juga terdapat potensio yang gunannya buat mengatur sensitifitas / kepekaan sensor terhadap gas mudah terbakar. kalian bisa memutarnya searah jarum jam jika ingin meningkatkan kepekaannya, tapi jangan dibuat terlalu peka ya, nanti blm ada gas yang terdeteksi tapi buzzer udah menyala. malah bikin panik orang lain nanti. hehe

Sekain dulu ya artikel saya kali ini semoga bermanfaat, jika ada dari teman teman yang ingin beli rangkaian seperti yg sudah jadi bisa beli di link berikut :

Jual Rangkaian Pendeteksi Kebocoran Gas LPG / mudah terbakar lainnya (Tokopedia)

Gambar Rangkaian :

 

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin

Giri Wahyu Pambudi – Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Rangkaian Kontrol Lampu Penetas Telur otomatis berbasis Arduino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *