4 Bantahan Bumi Datar tentang Bintang, Siang – Malam, dan Peta Bumi Datar

4 Bantahan Bumi Datar tentang Bintang, Siang - Malam, dan Peta Bumi Datar
4.4 (88%) 18 votes

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Artikel Cronyos.com kali ini adalah tentang bantahan terhadap pendapat teori flat Earth atau teori bumi datar, pada Postingan kali kita akan membahas beberapa poin, yaitu :

1. Bantahan Bumi Datar tentang Bintang Tampak Mengelilingi Bumi

statement flat earth

“kita dan bumi ini diam, bintang-bintang berputar mengelilingi kita pada langit yang berbentuk kubah semua bintang berputar kecuali satu yang posisinya tak pernah berubah yaitu bintang Utara”

Bintang yang nampak bergerak adalah tipuan kamera belakang, kamera yang merekam di Kutub Utara berputar bersama bumi sehingga ketika rekaman dipertontonkan nampak seolah-olah bintang yang berputar sedangkan bintang yang persis Lurus di depan kamera tidak terkena pengaruh gerakan kamera. kesimpulannya bukan bintang yang berputar melainkan kamera yang berputar bersama gerakan perputaran bumi yang dinamakan rotasi bumi Hal ini membuktikan bahwa bumi berotasi pada sumbunya dan hal ini pula yang mengakibatkan terjadinya siang dan malam sehingga kita bisa cerna bahwa bintang beserta benda langit lainnya tidak mengelilingi bumi melainkan bumi yang berotasi pada sumbunya 2 terjadinya siang dan malam.

Baca Juga  Mengenal Aneka Manfaat Bunga Rosella

2. Bantahan Bumi Datar tentang Siang dan Malam

pada gambar diatas bisa lihat bahwa malam dan siang itu terbagi dua dalam garis yang lurus, jika benar matahari itu dekat seharusnya bagian bumi yang terang melingkar disekitar matahari, ini menunjukkan bahwa Teori ini hanyalah khayalan belaka bukan gambar yang asli / yang sesungguhnya terjadi pada dunia nyata. kalau batas siang dan malam itu membentuk garis yang lurus maka itu salah satu bukti bahwa bumi ini bulat karena sumber cahaya dari matahari yang jauh mengakibatkan setengah bagian bumi siang dan setengahnya lagi mengalami malam, dan batas antara siang dan malam berupa garis lurus yang melingkari bumi mengikuti garis bujur.

kenyataannya luas permukaan bumi yang mengalami siang dengan luas yang mengalami malam selalu sama ini hanya bisa terjadi apabila bumi ini berbentuk bulat. agar anda tidak menyebut ini sebagai opini yang tidak mempunyai bukti silahkan Anda menyalakan bola lampu di atas replika bumi datar . Seredup apapun lampunya pasti tidak akan memunculkan bayangan gelap yang kontras, setinggi apapun lampunya juga tidak akan memunculkan batas yang kontras antara gelap dan terang. bila bumi datar tetap dipertahankan maka matahari jauh adalah salah, matahari dekat juga salah, matahari kecil salah matahari besar juga salah, teori terjadinya siang dan malam menurut Falth Earth bisa benar apabila matahari hanya menyinarkan sinarnya secara satu arah seperti senter, kita bisa kembali melakukan percobaan yang sama dengan percobaan pertama tadi, namun bohlam lampu nya kita ganti dengan senter karena senter memancarkan cahayanya secara satu arah, Kita coba Arahkan sinarnya ke replika bumi datar dan terbukti cahaya yang dihasilkannya sangat kontras itu berarti bahwa teori flat Earth beranggapan bahwa matahari itu memancarkan sinarnya secara satu arah, kalau mereka membantah lalu dari mana bayangan yang bisa kontras dan membentuk garis lurus itu??

3. Bantahan Bumi Datar tentang Terbit dan terbenamnya Matahari

teori bumi datar mengatakan bahwa matahari sebenarnya bukan terbenam melainkan menjauh hingga tak terlihat oleh pandangan mata. Mari kita buktikan kebenarannya, Coba kita pergi ke pantai dan menyaksikan matahari terbenam dari sana Apakah matahari itu mengecil dan hilang?? kita bisa saksikan dengan jelas bahwa matahari menghilang tertelan lengkungan bumi. Dan itu menjadi salah satu bukti bahwa lengkungan bumi ini memang ada. untuk kesekian kalinya bahwa teori flat Earth itu tidak sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan ini.

Apakah semua bukti ini belum cukup??kalau begitu Tidak usah lah anda pergi jauh-jauh ke pantai cukup Anda mengamati gedung tinggi yang ada di daerah Anda. Namun Anda harus mengamatinya pada sekitar jam di mana Matahari mulai terbit. bila di depan gedung tidak ada objek yang lebih tinggi maka bisa terlihat ujung bagian atas gedung tersebut akan tersinari sinar matahari terlebih dahulu.

Bagaimana ini bisa terjadi?? matahari menyinarkan sinarnya ke segala arah. bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam. bila ada objek yang tinggi seperti bangunan dan dapat melewati bayangan bumi ini maka bangunan tersebut akan mendapatkan cahaya atau sinar matahari lebih awal dibandingkan dengan bangunan yang lain yang lebih rendah daripada bangunan tersebut.

apakah hal seperti ini bisa terjadi apabila bumi ini datar?? kalau bisa bagaimana caranya??

4. Bantahan Bumi Datar tentang Peta Bumi Datar

bumi+datar.jpg (736√ó380)

memang pada mulanya manusia membuat peta bumi pada bidang yang datar karena menganggap bumi ini datar, setelah manusia menggambar peta bumi yang sangat luas mulailah terjadi kesalahan jarak, di peta bumi datar daerah atau pulau yang dekat dengan Antartika itu sangat berjauhan dengan pulau lainnya, padahal kenyataannya Pulau itu berdekatan. maka mulailah USGS membuat peta bumi yang akurat berdasarkan peta bumi datar maka jadilah peta Globe yang akurat. jadi peta bumi bola dibuat karena peta bumi datar tidak akurat atau tidak pas dengan kenyataan lokasi dan jarak pulau-pulau.

seandainya bumi ini datar, sementara Google Maps membuat Google Earth dalam peta yang bulat maka ada bagian peta yang harus dipotong atau dihilangkan dari peta agar dapat membentuk bola, contoh simplenya sebuah bola yang akan anda bungkus Kemudian Anda akan membungkusnya dengan kertas berbentuk lingkaran, pasti bola tidak akan tertutup secara sempurna bila anda tidak memotong kertas nya sesuai dengan lingkungan bola tersebut, nah bila itu benar terjadi pada pembuatan peta bulat atau Google Map maka terpaksa ada daerah di permukaan bumi ini yang tidak ditampilkan dalam peta karena harus dibuang. jika benar demikian daerah mana yang telah dibuang tersebut?? Apakah ada para pengguna Google Earth yang melapor kepada Google bahwa tempat di daerahnya tidak terdapat dalam Google?? ya Tidak ada, berarti semua tempat di permukaan bumi ini telah ada pada Google Map yang membentuk bumi bulat. sampai di sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa peta BUMI yang akurat adalah peta bumi bola yang berarti pula bahwa bumi ini bulat bukan datar. semua permukaan bumi ada di Google Maps dan Google ini merupakan bukti yang kesekian kalinya bahwa bumi ini berbentuk bulat. kalian ngerti kan Apa yang dibahas??

kita tutup dulu pembahasan kali ini dengan kesimpulan bahwa:bumi berotasi pada porosnya mengakibatkan seakan-akan langit yang memutari kita, bumi bulat dibuat menjadi peta bumi datar,, hal ini masuk akal. namun peta bumi datar diubah menjadi peta bumi bola tidak masuk akal, sebab akan ada peta yang terpotong namun sampai sekarang tidak ada daerah di bumi yang tidak dimuat di dalam Google Maps.

semoga kalian bisa paham Yang saya maksudkan. tapi kalau Anda masih belum paham silahkan Anda bertanya di kolom komentar untuk pertanyaan kalian yang belum terjawab kami akan menjawabnya pada Postingan yang terpisah agar tidak bercampur Baur dengan pembahasan ini. Semoga kita bisa dengan cepat mendapatkan bukti yang sesungguhnya agar tidak menjadi perdebatan yang panas. Saya harap kita bisa saling menghargai setiap perbedaan dan terakhir teruslah berbuat baik Apapun Yang Terjadi, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga  Fakta Bumi Bulat tentang GPS dan keberadaan Satelit

Baca Juga  Fakta Bumi Bulat tentang Antartika dan Gaya Gravitasi
Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 342 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Mengenal Aneka Manfaat Bunga Rosella