Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan berdasarkan beberapa Penelitian

Berawal dari bangun pagi aktivitas keseharian pun dimulai. penting untuk memupuk semangat diri dan membangun sikap optimis. Cobalah kita bandingkan antara bangun pagi dan bangun siang, jika kita bangun pagi hari terasa begitu luas, badan bugar, pikiran segar dan tubuh lebih sehat. rasa optimispun mudah untuk dipupuk, hari-hari pun terasa semangat. Akan tetapi jika kita bangun kesiangan badan akan terasa lesu, pikiran tidak cerah, hari terasa kurang menyenangkan dan rasa optimis tak tumbuh subur. apalagi ketika bangun siang lalu dikejar-kejar dengan pekerjaan. sungguh pikiran akan kacau karena gugup dan badan tidak fit karena tidak menghirup udara segar di pagi hari. ini lah pentingnya bangun pagi sebagai langkah awal menjemput kesuksesan. Karena itulah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam senantiasa memotivasi umatnya agar bangun pagi, karena waktu pagi merupakan waktu yang berkah.

Baca Juga  Aneka Manfaat dan Khasiat Pada Teh Melati yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berdoa agar umatnya diberkahi di waktu paginya

“Ya Allah, berkahilah untuk umatku pada waktu pagi merek” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan disahihhkan oleh al-albani)

Bangun pagi merupakan pemacu produktivitas. Hal ini karena udara di pagi hari merupakan udara yang menyehatkan sehingga membuat tubuh bugar dan produktif.

Menurut para ahli di bidang kesehatan udara pada sepertiga malam yang terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain sehingga sangat bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme tubuh. hal ini akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama sehari penuh.

Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah, kualitas Oksigen yang baik ini akan memaksimalkan kinerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. bangun pagi juga memberi kesempatan tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting bagi nutrisi tulang.

Paparan sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap terbaik untuk memenuhi kecukupan kalium dan vitamin D. Dr George Huber peneliti dari Universitas Roehampton Inggris juga menarik kesimpulan bahwa bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood menyenangkan dan memiliki indeks massa tubuh ideal. mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia. bangun pagi dapat mempengaruhi indeks massa tubuh mungkin terkait dengan kesempatan sarapan. mereka yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.

Selain manfaat di atas peneliti dari Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al muslimun menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu subuh kadar ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. sementara itu gas Ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan dini, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh serta merangsang urat saraf bekerja dengan baik.

Baca Juga  Cara Menilai Status Gizi

Manfaat lain dari gas Ozon ialah menyegarkan otak atau menghilangkan stress, semakin banyak gas Ozon yang kita hirup maka akan semakin kecil kemungkinan stress bagi kita dan hanya dengan bangun pagi lah kita akan memperoleh gas Ozon.

Penelitian lain menunjukkan pada pagi hari diproduksi hormon pertumbuhan, jika kita menghirup nafas yang panjang di pagi hari kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah. karena otak memperoleh darah yang kaya akan oksigen lebih cepat jadi otak juga lebih cepat terkoneksi saat berpikir. perlu diketahui mayoritas hormon pertumbuhan diproduksi ketika kita tidur yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman. sesudah tidur malam yang baik irama otak kita akan berfungsi sangat baik. pemahaman wawasan dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebih sukses dihadapi pada pagi hari.

Tak hanya itu, hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak yang membuat sel-sel saraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen. satu lagi hormon yang tidak kalah penting yaitu hormon Cortisol, puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang subuh, Hormon Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi penyebab stres pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan.

Itulah data-data kesehatan yang menunjukkan pentingnya bangun pagi, keterangan diatas menunjukkan bahwa bangun pagi dapat menyehatkan tubuh. tubuh yang sehat jelas akan memudahkan untuk beraktivitas. Oleh karena itu bangun pagi merupakan langkah pertama untuk menjemput kesuksesan

Source : Anas, Fakhtul. 2012. Meraih Kesuksesan sejak Dini Hari. Yogyakarta : Citra Risalah

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

6 Manfaat dan Khasiat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Pagi Hari merupakan waktu yang menyehatkan, sinar matahari di waktu pagi terlebih sebelum pukul 09.00 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *