Berbagai Manfaat Sholat Subuh bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Dari sisi religi Sholat Subuh memiliki banyak kemuliaan. orang yang bersungguh-sungguh melaksanakan Sholat subuh ia akan masuk Surga, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Barangsiapa melaksanakan salat Subuh dan Ashar masuklah kedalam surga”( HR.Bukhari dan Muslim dari Abi Musa)

Selain itu orang yang melaksanakan Sholat Subuh ia berada dalam tanggungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya:

“Barangsiapa mendirikan shalat subuh ia berada dalam tanggungan Allah, karena itu janganlah Allah menuntut dari kamu sesuatu dari tanggunganNya, lantaran orang yang dituntut Allah pasti Allah mendapatkannya dan kemudian menjerumuskannya ke dalam neraka”(HR Muslim dari Abu Malik al-asy’ari)

Ditinjau dari sisi medis salat subuh bisa menjadi olahraga pembuka yang menyehatkan. tiap-tiap gerakannya bermanfaat bagi kebugaran tubuh, beeberapa gerakan itu antara lain adalah sebagai berikut

Baca Juga  Aneka Manfaat dan Khasiat Pada Teh Melati yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Takbiratul Ihram, bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. saat mengangkat kedua tangan otot bahu meregang sehingga aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar. kemudian kedua tangan diletakkan didepan perut atau dada bagian bawah. sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku’, bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. posisi jantung sejajar dengan otak maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot otot bahu hingga ke bawah. selain itu rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostat dapat dicegah.

I’tidal, bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ organ pencernaan. pada saat i’tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian untuk memberi efek melancarkan pencernaan.

Sujud, berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. posisi jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya akan oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, Oleh karena itu sebaiknya lakukan sujud dengan tumakninah atau tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir khusus bagi wanita. baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk diantara dua sujud, gerakan ini sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih dan kelenjar kelamin pria atau prostat dan saluran vas deferens. jika dilakukan dengan benar posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Posisi telapak kaki pada duduk iftirasy atau tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali, gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Baca Juga  6 Buah dan Sayur yang Berkhasiat untuk Asam Urat

Salam, bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala, menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Selain beberapa manfaat di atas menurut para pakar kesehatan Sholat Subuh dapat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular. dalam studi kedokteran dikatakan bahwa Puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada jam 06.00 pagi sampai 12.00. hal ini Karena pada saat itu sudah terjadi perubahan pada sistem tubuh dimana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis dan penurunan tekanan saraf parasimpatis. tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan manusia siap untuk beraktivitas, tekanan darah akan meningkat dan denyutan jantung lebih kuat. jika tegangan saraf parasimpatis meningkat akan terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat selain itu juga terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga bisa menyebabkan kantuk. pada pergantian waktu pagi buta mulai pukul 03.00 dini hari sampai siang itulah secara diam-diam tekanan darah berangsur naik saat itu juga terjadi peningkatan adrenalin yang berefek meningkatkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan sifat agregasi trombosit atau sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku.

Itulah beberapa rahasia hebat dibalik sholat subuh. ternyata aktivitas yang sederhana ini begitu penting bagi Kesehatan kita, selain banyak pahala juga menyehatkan tubuh. tubuh yang sehat akan mudah digunakan untuk beraktivitas sehingga Kesuksesan akan mudah diraih. oleh karena itu bangun pagilah dan laksanakanlah sholat subuh, niscaya Kesehatan dan Kesuksesan akan mudah diraih.

Source : Anas, Fakhtul. 2012. Meraih Kesuksesan sejak Dini Hari. Yogyakarta : Citra Risalah

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

Manfaat Wudhu bagi kesehatan yang sering tidak disadari

Manfaat wudhu bagi kesehatan – sebelum melakukan shalat sebagai seorang muslim kita harus melakukan wudhu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *