6 Manfaat dan Khasiat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Pagi Hari merupakan waktu yang menyehatkan, sinar matahari di waktu pagi terlebih sebelum pukul 09.00 pagi sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, pada saat saat itu tubuh banyak mendapatkan Sinar gelombang panjang atau inframerah, studi terbaru tentang bioteknologi menemukan bahwa sinar inframerah atau gelombang panjang / infrared dengan panjang gelombang antara 6 sampai 14 mikron berperan penting dalam formasi dan pertumbuhan makhluk hidup termasuk memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Adapun manfaat lain dari Sinar Matahari Pagi jika dilihat dari segi medis antara lain sebagai berikut:

1. Menambah Vitamin D

Sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D  dalam jumlah yang besar. simpanan kolesterol diubah menjadi vitamin D saat menghadapkan sebagian dari tubuh kita ke sinar matahari, dengan menghadapkan sebagian tubuh kita ke sinar matahari selama 5 menit maka dapat memberikan 400 unit vitamin D. manusia membutuhkan 400 unit per hari Menurut RDA USA.

2. Sinar Matahari dapat Mengurangi Kolesterol

Dengan mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D menyebabkan tubuh memberikan peringatan pada kolesterol yang ada di dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.

3. Dapat Mengurangi  Gula Darah

Cahaya matahari bagaikan insulin yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. hal ini dapat merangsang tubuh untuk mengubah gula darah atau glukosa menjadi gula yang tersimpan atau glikogen yang tersimpan di hati dan otot sehingga menurunkan gula darah.

4.Sinar Matahari ialah Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

Sinar Matahari sanggup membunuh bakteri, penyakit, virus dan jamur. Hal ini tentu sangat berguna untuk perawatan tuberkulosis atau TBC, Keracunan darah, Pneumonia, gondok, asma, bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dapat dibinasakan oleh sinar matahari. bakteri di udara dapat dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet dari sinar matahari

Baca Juga  Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Badan

5. Sinar Matahari Meningkatkan Kebugaran Pernafasan

Sinar matahari bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan jaringan. hal ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot-otot waktu gerak. faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur.

6. Sinar Matahari membantu pertumbuhan Tulang

Sinar matahari menolong dalam membentuk dan memperbaiki tulang-tulang. dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, hal ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalasia atau pelembutan tulang yang tidak normal

Source : Anas, Fakhtul. 2012. Meraih Kesuksesan sejak Dini Hari. Yogyakarta : Citra Risalah

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

Manfaat Wudhu bagi kesehatan yang sering tidak disadari

Manfaat wudhu bagi kesehatan – sebelum melakukan shalat sebagai seorang muslim kita harus melakukan wudhu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *