Bahaya Terlalu Sering Makan Makanan Pedas terhadap Kesehatan

Berbicara masalah makanan berbagai cita rasa makanan banyak tersedia dari seluruh Penghujung Negeri, semuanya sangat lezat, nikmat dan punya ciri khas tersendiri. Namun jika anda salah satu orang yang punya prinsip bahwa tidak pedas tidak nikmat, alangkah baiknya mulai sekarang anda kurangi frekuensi menyantap makanan pedas secara berlebihan. rasa pedas memang bermanfaat bagi tubuh, namun diantara beragam manfaat makanan pedas yang diantaranya adalah mampu menyehatkan jantung dan mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A B C dan E, namun tentu saja jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan malah akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bukan? bagi beberapa orang mungkin sudah cukup paham dengan bahaya makanan pedas namun banyak orang yang justru mengabaikannya dan lebih mementingkan teriakan perut dan lidahnya :), padahal akan sangat berbahaya sekali jika orang yang terkena maag mengkonsumsi makanan yang pedas. kebanyakan rasa pedas disebabkan oleh kandungan capsicum yang ada pada cabe, sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak kenali dan cari tahu dulu Apa saja dampak negatif makanan pedas bagi kesehatan tubuh. berikut ini akan coba kami jabarkan beberapa bahaya mengkonsumsi makanan pedas jika dikonsumsi secara berlebih

Menyebabkan Penyakit Maag

Salah satu bahaya terlalu banyak memakan makanan pedas yaitu menyebabkan orang yang memakannya akan mengalami maag akut, gejala maag akut biasanya rasa mual, muntah muntah dan diare. terlalu banyak makan pedas dapat menyebabkan iritasi pada pencernaan dan menyebabkan meningkatnya gerakan usus sehingga dapat menimbulkan masalah pencernaan. sebaiknya Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas ketahuilah apa saja gejala dari penyakit maag, sehingga ketika anda habis memakan pedas lalu kemudian timbul gejala yang mengarah pada penyakit maag Anda dapat dengan cepat memberikan pertolongan dan pengobatan agar tidak sampai menjadi maag akut. Jangan lupa untuk selalu menyediakan obat maag dalam kotak obat anda.

Baca Juga  4 Kriteria Makanan dan Minuman yang Sebaiknya dihindari saat Sarapan

Berbahaya Bagi Lambung

Ketika anda memakan makanan pedas asam lambung akan meningkat pesat, sehingga dapat membuat perut nyeri dan perih. capsicum cabe seperti yang disebutkan sebelumnya bisa memicu meloncatnya asam lambung di atas tingkat kewajaran. Selain itu ternyata makanan pedas juga berpengaruh pada nafsu makan dan dapat membuat migrain atau sakit kepala.

Menyebabkan  Susah Tidur

kebanyakan kita tidak tahu bahwa makanan pedas mengandung kafein yang dapat berefek susah tidur pada malam hari atau insomnia. hal ini bisa terjadi karena setelah memakan makanan pedas kita akan berkeringat, keringat ini dipengaruhi oleh suhu tubuh yang naik. saat sebelum tidur tubuh perlu melambatkan metabolisme sehingga anda sebaiknya tidak memakan makanan pedas pada malam hari. hal ini untuk mencegah terganggunya istirahat dan menurunnya kualitas tidur.

Anda tidak harus menghindari makanan pedas, cukup kurangi dan kontrol jangan sampai berlebihan agar tidak menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. tentu anda tidak mau ketika sehabis makan yang seharusnya kenyang malah anda akan merasa mulas atau bahkan nyeri tidak tertahankan.

Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki SMK N 2 Wonogiri lulus 2015 UNIV Negeri Yogyakarta lulus 2019
Jumlah Post : 373 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Mengenal Aneka Manfaat Bunga Rosella