Rangkaian Counter UP 7 Segment Sederhana untuk Pemula

Rangkaian Counter UP 7 Segment Sederhana untuk Pemula
4.1 (82%) 10 votes

Assalamu’alaikum teman teman yang kreatif, alhamdulillah pada kesempatan ini Cronyos.com berkesempatan untuk membagikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara membuat Rangkaian Counter UP Seven Segment sederhana tanpa menggunakan IC Mikrokontroller, lalu pakai apa?? kita bisa menggunakan IC 40110 atau 4026, namun kali ini saya akan membagikan cara membuat rangkaian counter up menggunakan IC 4026 karena topik belajar kita kali ini tentang counter up, namun jika teman teman semua ingin membuat counter up dan counter down dalam satu rangkian teman teman bisa menggunakan IC 40110 dan jika ada yang request menggunakan IC 40110 akan saya bahas dilain kesempatan.

Baca Juga  Pengertian Teknologi Dual VVT-i ( Variable Valve Timing with intelligence)
sebenarnya untuk apa sih fungsi dari rangkaian Counter UP yang akan kita pelajari kali ini, buanyyaakkk, contoh simpelnya adalah Stopwatch, Jam digital,penghitung skor pertandingan dan masih banyak lagi.
baiklah kita mulai membuat. jika teman teman hanya ingin membuatnya dalam simulasi / tidak ingin membuat bentuk riilnya teman teman bisa menggunakan software ISIS Proteus 7 untuk mensimulasikannya

pertama ambil komponen berikut ini :

  1. IC 4026
  2. 7 segment Common Katoda
  3. rangkaian pembangkit pulsa, bisa pakai IC NE 555, tapi di Proteus sudah ada fitur Pulse Generator yang bisa kita pakai

setelah itu kita buat rangkaiannya seperti ini,

Rangkaian diatas akan mengcounter dari 0-9, lalu bagaimana jika ingin membuat rangkaian counter yang bisa mengcounter dari 0-99, 0-999,0-9999??? gampang, caranya adalah dengan membuat rangkaian seperti itu satu lagi, lalu hubungkan pin co rangkaian pertama dengan pin clock rangkaian kedua, maka rangkaian pertama akan menjadi rangkaian pengcounter satuan dan rangkaian kedua akan menjadi rangkaian pengcounter puluhan, jika ingin sampai ratusan prinsipnya sama. berikut gambar rangkaiannya.

teman teman bisa mengunduh file Proeteus yang sudah saya buat pada link dibawah ini. wassallamu’alaikum wr. wb

Download File Proteus

 

Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 368 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Daftar Letak dan Fungsi Sensor pada Mesin EFI Toyota Avzana