Pengertian Lambda pada Uji Emisi

Assalamualaikum teman teman Otomotif Indonesia . 🙂 mendengan kata “Uji Emisi” mungkin tidak asing lagi bagi teman teman, Apalagi bagi teman teman SMK yang sejurusan dengan saya dulu, yaitu Otomotif Kendaraan Ringan, saat teman teman menguji emisi ada salah satu parameter hasil pengujian Emisi, yaitu “Lambda”, lalu apasih yang dimaksut dengan “Lambda”??? apalagi ada teori yang mengatakan bahwa Settingan Konsumsi bahan bakar yang ideal akan didapat apabila nilai lambda mendekati satu, oke kita bahas kali ini. namun sebelum kita bahas tentang Lambda, Alangkah baiknya kita mempelajari tentang AFR ( Air Fuel Ratio )

Air Fuel Ratio adalah Rasio perbandingan antara Bahan bakar dan udara yang masuk dan dibakar di ruang bakar. ada teori yang mengatakan bahwa AFR yang menghasilkan Gas buang yang terbaik (Ramah Lingkungan) adalah 14,9 : 1, yaitu 14,9 kg udara dan 1 kg bahan bakar. kembali lagi ke Laptop, eh maksutnya Lambda 🙂

secara mudahnya lambda adalah perbandingan antara AFR secara Praktik dan Teoritismaksutnya???? maksutnya adalah, semisal teori di atas mengatakan bahwa AFR ideal adalah 14,9 : 1, lalu hasil Uji emisi kita menunjukan bahwa lambda suatu kendaraan adalah 1,044, maka dapat diartikan bahwa AFR kendaraan tersebut adalah:

atau bisa diartikan bahwa Settingan AFR kendaraan terbut adalah lebih “miskin” dari Settingan ideal, karena 14.9596 kg udara dicampur dengan 1 kg bahan bakar yang masuk dan dibakar di ruang bakar.

sekian Postingan saya kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan pembaca semua, ditunggu kritik dan saranya di kolom komentar . 🙂 Wassalamu’alaikum Wr. Wb

About admin

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 327 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

2x Revolusi Dingin Oli Federal Matic jadi Jawara dingin Oli Matic

3 comments

  1. wah sangt membantu gan trimakasih..

  2. sangat membantu sekali gan matur suwun salam anak smk…hahahah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *