Pengertian Teknologi Dual VVT-i ( Variable Valve Timing with intelligence)

Pengertian Teknologi Dual VVT-i ( Variable Valve Timing with intelligence)
4 (80%) 1 votes

vvti

Assallamualaikum wr.wb, menjawab pertanyaan teman saya di facebook tentang Dual VVT-i maka kali ini saya akan berbag sedikit ulasan mengenai materi tersebut. teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent) adalah salah satu Teknologi terkini yang hadir . Ini merupakan cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.

Sistem ini terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin. Dapur pacu masa kini dengan sistem 4-stroke memiliki katup masuk (intake) dan buang (exhaust) untuk mengontrol aliran udara dan bahan bakar masuk ruang bakar plus hasil pembakaran keluar menuju knalpot.

Baca Juga  Perlunya Memanaskan Mesin Kendaraan

Dengan penerapan VVT-i, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Nah, maka lahirlah sistem Dual VVT-i.

Dengan mengatur katup masuk dan buang, pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan agar dapur pacu segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. Pun demikian, catalytic converter, suhu juga lebih cepat panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar hasilnya lebih ramah lingkungan.

Tak ketinggalan, saat dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau digeber hingga putaran tinggi pada jalan bebas hambatan.

Tak heran, sumber tenaga Toyota masa kini memiliki performa dan efisiensi lebih baik meski kapasitas tetap sama. Sebagai contoh 2ZR-FE 1.798 cc empat silinder 16 Valve andalan Toyota All New Corolla Altis kini meletupkan daya 151 dk/6.400 rpm dan torsi 190,2 Nm/4.000 rpm. Lebih bertenaga, tetapi irit dan ramah lingkungan. Sekian postingan saya kali ini semoga bisa menjawab pertanyaan teman saya . :) jikalau ada pertanyaan, silahkan sampaikan di kolom Komentar atau Buku Tamu yang sudah kami sediakan . Wassalamu’alaikum wr wb

Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki SMK N 2 Wonogiri lulus 2015 UNIV Negeri Yogyakarta lulus 2019 2019 - Sekarang Bekerja di SMK Gajah Mungkur 1 Wuryantoro, Wonogiri
Jumlah Post : 388 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Cara Mudah Menggunakan Cylinder Bore Gauge