Guru Berkualitas Kunci Pengembangan Global

Guru berkualitas adalah kunci untuk pengembangan global yang berkelanjutan dan pelatihan, perekrutan, retensi, status dan kondisi kerja mereka.

Kenyataannya, guru adalah satu-satunya kekuatan yang paling berpengaruh dan berpengaruh bagi kesetaraan, akses dan kualitas dalam pendidikan.

Di seluruh dunia ada kekurangan guru terlatih. Menurut UNESCO Institute for Statistics (UIS), untuk mencapai pendidikan dasar universal pada tahun 2030, permintaan akan guru diperkirakan meningkat menjadi 25,8 juta.

Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan mempercayakan UNESCO untuk memimpin dan mengkoordinasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4: Pendidikan Berkualitas melalui Kerangka Kerja 2030 Pendidikan, yang memiliki target untuk meminta peningkatan yang substansial pada guru berkualitas.

UNESCO dan Satuan Tugas Guru Internasional – aliansi mitra sukarela global termasuk pemerintah nasional, IGO, LSM, organisasi sektor swasta, badan PBB, bekerja sama untuk mengatasi “kesenjangan guru”. Mereka mempromosikan berbagai isu yang diuraikan dalam Deklarasi Incheon, yang meminta guru dan pendidik untuk menjadi “… diberdayakan, direkrut dengan cukup, terlatih, berkualitas secara profesional, termotivasi dan didukung dalam sistem dengan sumber daya yang baik, efisien dan diatur secara efektif”.

UNESCO juga membahas tantangan ini melalui penerapan Rekomendasi ILO dan UNESCO mengenai Profesi Pengajaran.

UNESCO berkomitmen untuk menegakkan kerangka hukum yang melindungi hak-hak guru. Sebuah komite ahli yang ditunjuk oleh UNESCO dan Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization / ILO) bertemu setiap tiga tahun untuk memantau penerapan Rekomendasi UNESCO / ILO mengenai Status Guru (1966) dan Rekomendasi UNESCO mengenai Status Pengajar Pendidikan Tinggi ( 1997).

Setiap tahun pada tanggal 5 Oktober UNESCO merayakan Hari Guru Sedunia bersama dengan mitranya ILO, UNDP, UNICEF dan Education International.

Baca Juga  Peran Fungsi dan Manfaat Sumber dan Media Belajar

Setiap dua tahun, UNESCO memberikan penghargaan kepada Hamdan bin Rashid Al-Maktoum untuk Praktek dan Kinerja Posisi dalam Meningkatkan Efektivitas Guru terhadap tiga individu yang proyeknya bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas guru di seluruh dunia. Penghargaan tersebut terdiri dari hadiah $ 300.000 yang dibagi rata antara ketiga pemenang.

Sumber : http://en.unesco.org

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Windari Diah F

Windari

樫木ケイタ

Artikel Serupa

Check Also

Karakter / Sifat Pemimpin yang Cerdas dan Bijaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *