6 Fungsi Oli Pelumas untuk Mesin

6 Fungsi Oli Pelumas untuk Mesin
4.0 (80%) 6 votes

Assalamu’alaikum Sahabatku dimanapun Kalian berada, kali ini Cronyoz.NET akan membagikan materi tentang apasih Fungsi Oli Mesin, mungkin ada yang beranggapan bahwa Oli mesin hanya berguna sebagai Pelumas?? Oh, tentu saja tidak, ada fungsi lain yang tidak kalah penting dari sekedar fungsi pelumasan saja. Apa saja Fungsi Oli mesin, silahkan disimak ulasan berikut ini :

1. Mengurangi gesekan (friksi)
Jika dua permukaan yang saling menempel bergerak, akan timbul gaya gesekan pada permukaan kontak. Minyak pelumas menciptakan lapisan oli (oil film) di antara permukaan kontak sehingga mencegah kontak langsung antar komponen, dengan demikian akan keausan dan kehilangan tenaga akibat gesekan dapat dikurangi.

Baca Juga  Materi Belajar Bahan Bakar Bensin

2. Pendingin
Panas timbul akibat terjadinya gesekan maupun akibat panas pembakaran. Bila panas ini tidak diserap maka keausan komponen mesin akan semakin cepat. Oli mendinginkan komponen-komponen mesin dengan cara bersirkulasi melalui komponen – komponen tersebut dan menyerap panas untuk dikeluarkan dari mesin.

3. Peredam kejutan/getaran
Pada bagian-bagian mesin yang mengalami gaya tekan yang besar seperti pada ball bearing, roller bearing dan roda gigi, tekanan yang sangat tinggi terjadi pada permukaan kontak, yang akan mengakibatkan keausan dan kerusakan. Dalam hal ini oli menyebarkan tekanan dan menyerap getarannya.

4. Mencegah korosi/karat
Pelumasan menciptakan lapisan oli yang menghindarkan permukaan logam tidak terkena udara dan air secara langsung, sehingga tidak terjadi korosi.

5.Penyekat/perapat
Antara piston dan silinder diperlukan sifat kedap udara, sehingga kebocoran antara ruangan diatas piston dan dibawah piston dapat dicegah, walaupun sudah ada ring piston kekedapan ini tidak dapat dijamin. Oli selain sebagai lapisan film antara silinder dan piston juga berfungsi sebagai penyekat sehingga kehilangan tenaga akibat kebocoran kompresi melalui celah piston dan silinder dapat dikurangi.

6. Pembersih
Oli yang bersirkulasi membersihkan saluran-saluran agar tidak tersumbat oleh kotoran atau butiran logam (debu metalik/gram).

Sekian Postingan kali ini, semoga bermanfaat, jika ada Saran atau pertanyaan silahkan sampaikan di Kolom Komentar atau Buku Tamu yang sudah kami sediakan, terima kasih atas kunjungannya, Wassalamu’alaikum

Sumber : Zainal Arifin, Diktat Bahan Bakar dan Pelumas UNY

#tag : fungsi minyak pelumas

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 356 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Daftar Letak dan Fungsi Sensor pada Mesin EFI Toyota Avzana