4 Manfaat atau Keutamaan Sholat Dhuha bagi Kaum Muslimin

Manfaat Sholat Dhuha dari Sisi Agama – Di dalam berbagai hadits telah banyak di jelaskan manfaat salat Dhuha diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Akan dicukupi Kebutuhannya oleh Allah

Oorang yang melaksanakan salat Dhuha akan dicukupi kebutuhan hidupnya oleh Allah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan dalam Hadits Qudsi dari Abu Darda’ bahwa Allah berfirman yang Artinya:

“Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena aku pada awal siang (Sholat Dhuha) 4 rakaat, maka aku akan mencukupi (kebutuhan) mu sampai sore” (HR. Tirmizi)

di dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Allah berfirmanyang artinya

“Wahai anak Adam jangan sekali-kali engkau malas melakukan sholat 4 rokaat pagi hari yaitu shalat Dhuha niscaya nanti akan Ku cukupi kebutuhan mu hingga Sore harinya” (HR. Al Hakim dan At-tabrani)

2. Salat Dhuha dapat dijadikan sebagai Sedekah

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari harus dikeluarkan sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap Tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan salat Dhuha 2 rokaat” (HR. Muslim dari Abu Dzar)

di dalam hadist yang lain Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda yang artinya:

“Dalam diri manusia terdapat 360 ruas tulang, Hendaklah ia mengeluarkan 1 sedekah untuk setiap ruas itu” para sahabat bertanya “siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi Allah? Nabi berkata “Dahak di masjid yang kau pendam, suatu aral yang kau singkirkan dari Jalan, Jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan cukuplah bagimu Sholat Dhuha 2 rakaat” (HR. Abu Dawud dan Ahmad Dari Abu Buraidah)

3. Sholat Dhuha adalah Gnani’mah atau keuntungan yang besar

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda dari Abdullah bin Amr Bin Ash ia berkata yang artinya:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengirim pasukan perang lalu pasukan itu mendapatkan harta rampasan perang yang banyak dan cepat kembali (dari medan perang). orang-orang pun (ramai) memperbincangkan cepat selesainya perang, banyaknya harta rampasan dan cepat kembalinya mereka. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabdayang artinya “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya lebih banyak (memperoleh) harta rampasan dan cepat kembali (dari medan perang)? yaitu orang-orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan salat sunah Dhuha. dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak memperoleh harta rampasan dan lebih cepat kembalinya. (HR. Ahmad)

4. Orang yang melaksanakan salat Dhuha akan di ampuni Semua Dosanya

Orang yang melaksanakan salat Dhuha akan di ampuni semua dosanya walau sebanyak buih dilautan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Barangsiapa yang menjaga Sholat Dhuha maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih dilautan”(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Adanya informasi dari Rasulullah Shalallalu alaihi wasallam tentang manfaat sholat Dhuha ini jelas akan memberi suntikan semangat kepada umat Islam agar mereka mau melaksanakan salat Dhuha demi mendapatkan Ridha Allah, kesuksesan materi dan ketenangan batin. dan Semoga kita termasuk hamba Allah yang dimudahkan untuk selalu melaksanakan shalat Dhuha. amin

Source : Anas, Fakhtul. 2012. Meraih Kesuksesan sejak Dini Hari. Yogyakarta : Citra Risalah

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

Rukun, Sunnah dan Hal yang membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Rukun puasa ada dua yaitu: 1. Niat Yaitu maksud hati untuk melaksanakan ibadah puasa. Letak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *