10 Hal yang Harus diPerhatikan sebelum Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan Akan segera datang, umat Islam di seluruh dunia bergembira dan berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah, namun banyak hal yang perlu diluruskan terkait kebiasaan yang dilakukan ketika bulan Ramadhan khususnya di Indonesia. berikut adalah 11 hal yang perlu diluruskan ketika menjelang bulan puasa.

Padusan

Menjelang bulan suci Ramadhan kaum muslimin di Indonesia melakukan ritual padusan, mereka anggap itu untuk membersihkan jiwa dan raga agar terbebas dari segala dosa. hal ini adalah budaya yang tidak sesuai dengan Islam, Islam tidak pernah mengajarkan membersihkan dosa dengan cara perusahaan.

Ziarah Kubur

Ziarah kubur termasuk amal Mulia dalam Islam karena ziarah kubur bisa mengingatkan orang akan kematian. Islam memberikan kelonggaran untuk melakukan ziarah kubur di waktu kapanpun. karena itu kita tidak boleh membatasinya hanya ketika menjelang Ramadhan.

Membangunkan Sahur

Banyak daerah memiliki cara berbeda untuk menunjukkan waktu sahur, ada yang memukul tiang listrik / kentongan, teriak-teriak sambil membawa rebana dan lain lain. padahal Islam telah memiliki cara sendiri untuk menunjukkan waktu sahur yaitu adzan awal sebelum subuh. lebih baik kita melakukan sunnah daripada melakukan tindakan yang mengganggu istirahat masyarakat

Waktu Imsak

Sebagian kaum muslimin beranggapan bahwa batas waktu makan dan minum adalah Imsak, yang benar justru sebaliknya, 10 menit sebelum subuh adalah waktu terbaik untuk makan sahur.

Amar bin Maimun menceritakan dahulu para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam adalah orang-orang yang paling segera berbuka dan paling telat sahur (HR. Baihaqi)

Mengeraskan Bacaan Niat

Niat letaknya di hati bukan di lisan karena inti niat adalah keinginan untuk melakukan suatu amal. jika seseorang sudah ada keinginan berarti dia sudah berniat dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah mencontohkannya.

Sikat Gigi Ketika Puasa

Sikat gigi ketika puasa hukumnya dibolehkan. hanya saja perlu waspada ketika menggunakan pasta gigi jangan sampai ada bagian yang tertelan. Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam menganjurkan untuk menjaga kebersihan mulut dan mendekatkan ridho Allah.

Siwak itu membersihkan mulut mendekatkan pada ridho Allah (HR Ahmad)

Muntah Ketika Puasa

Muntah tanpa di sengaja tidak membatalkan puasa, sedangkan muntah dengan sengaja puasanya batal. jika kita merasa perutnya mual dan akan keluar sesuatu maka jangan memaksakan diri untuk memuntahkannya.  Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

Barang siapa yang tidak sengaja muntah maka dia tidak Wajib mengQadha dan siapa yang sengaja muntah Wajib Qadha, artinya puasanya batal. (HR Turmudzi dan dishahihkan Al Albani )

Mencicipi Masakan

Mencicipi masakan ketika sedang berpuasa selama tidak tertelan hukumnya boleh. Ibnu Abbas pernah mengatakan, tidak mengapa mencicipi cuka atau makanan lainnya selama tidak masuk ke kerongkongan. Hadits Riwayat Bukhari secara mualaf

Baca Juga  Rukun, Sunnah dan Hal yang membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Tidur Berpahala

Apakah tidurnya orang berpuasa itu berpahala? pertanyaan ini berasal dari Hadist yang menyatakan tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah Tasbih, Doanya adalah Mustajab dan pahala amalannya pun akan dilipatgandakan. namun hadis ini statusnya palsu dan ada berawi yang bergelar Pendusta.

Bekam dan donor darah ketika puasa

mengeluarkan darah tidak membatalkan puasa, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam memberi keringanan untuk bekam ketika puasa hanya saja jika ini dikhawatirkan menyebabkan lemas maka tidak dibolehkan.

Sahabat Anas bin Malik pernah ditanya Apakah kalian membenci bekam bagi orang yang berpuasa? Anas mengatakan, tidak kecuali jika bisa menyebabkan lemas. (HR Bukhori)

sobatku bagi kalian yang ingin bekam dan donor darah disarankan untuk dilakukan pada malam hari atau mendekati waktu berbuka.

demikianlah 10 hal yang perlu diluruskan ketika puasa. semoga Allah memudahkan kita untuk meraih banyak pahala selama menjalankan ibadah di bulan mulia.

Source : Yufid TV

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

10 Keutamaan Menjalankan Solat Malam / Sholat Tahajut

Assalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat Cronyos.com, temen temen pastinya setiap malam membangunkan diri dan melakukan sholat malam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *