10 Keutamaan Menjalankan Solat Malam / Sholat Tahajut

Assalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat Cronyos.com, temen temen pastinya setiap malam membangunkan diri dan melakukan sholat malam kan? atau malah memilih menarik selimut dan tidur lagi?hehe

Banyak dari kita tidak tahu bahwasanya ada banyak rahasia yang terkandung dalam sholat malam loh ? Rahasia itu berupa Surga yang kelak akan menjadi penghuni terakhir bagi orang-orang yang gemar menjalankan sholat malam. Surga adalah tempat abadi kehidupan manusia, maka sangat beruntung orang orang yang dengan senang hati menjalankan ibadah sholat malam.

Diriwayatkan dari Asma binti Yazid, bahwa Rasulullah SWT bersabda :

“Pada hari kiamat umat manusia akan digiring di pelataran yang satu . Lalu satu suara menyeru, manakah orang orang yang pernah merenggangkan labuh dari tempat tidur (sholat malam). Maka tampilah mereka sedikit dengan sedikit. Kemudia masuk surga tanpa di hisab. Sementara itu, yang lainnya diperintah untuk di hisab”. (HR, Baihaqi)

Ada beberapa keajaiban shalat malam, diantaranya :

1. Shalat malam sebagai tiket masuk surga

Abdullah Ibnu Muslim berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah SAW saat itu adalah : “Hai kalian manusia! Sebarkan salam, bagikan makanan, sambung silaturahmi, tegakkanlah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Amal yang menolong di akhirat

“Sesungguhnya orang orang yang bertakwa di dalam taman taman surga dan di mata air mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang orang yang sedikit tidrnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah”. (Qs. az Zariat : 15-18)

3. Pembersih Penyakit Hati dan Jasmani

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SWT bersabda : “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhan mu (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

4. Sarana Meraih Kemuliaan

Rasulullah SAW bersabda : “Jibril mendedatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasanya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan sesorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhkannya di muliakan orang lain.: (HR. Al Baihaqi)

5. Jalan mendapatkan rahmat

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Semoga Allah merahmati shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memerincikan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalui shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak ia memercikkan air di wajahnya.” ( HR Abu Daud)

6. Sarana pengabulan permohonan

Allah Ta’ala berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat malam dengan ikhlas. Rasulullah SAW bersabda, “Dari Jabir berkata, bahwa Nabi SAW bersabda :

“Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akherat, pasti Allah memberinya, itu berlangsung setiap malam.’ (HR.Muslim)

7. Penghapus dosa dan Kesalahan

Dari Abu Umamah al bahili berkata bahwa Rasulillah SAW bersabda : “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang sholeh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR At Tirmidzi)

8. Jalan mendapat tempat yang terpuji

“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Qs. Al Isra : 79)

9. Pelepas Ikatan Setan

Diriwatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Setan akan mengikat kepada seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengancukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudlu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekuasatan jiwa.

10. Waktu utama untuk berdoa

Amru Ibn ‘Absag berkata : “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah! malam apakah yang paling di dengar”, shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktuban masyudah (waktu yang apabila bernubajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka idengar doanya). “(HR Abu Daud)

Nahhh, jadi kesimpulannyaa bahwa orang yang melakukan shalat malam lalu ia tidur lagi, maka setan tidak akan kembali untuk mengikat dengan beberapa ikatan seperti semula. Ia akan terbebaskan dai bujuk rayu setan dan akan menjadi hamba yang paling di takuti olah shetan. Selain itu, orang yang gemar melakukan shalat malam, surga adalah jaminannya lohhh??

Baca Juga  7 Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Semoga pembahasan ini kita semakin rajin yaa sholat malamnya teman teman. Ditunggu yaa pembahasan selanjutnya, Wasalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

10 Hal yang Harus diPerhatikan sebelum Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan Akan segera datang, umat Islam di seluruh dunia bergembira dan berlomba-lomba untuk memperbanyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *