2x Revolusi Dingin Oli Federal Matic jadi Jawara dingin Oli Matic

Federal Matic 2x Revolusi dingin – Hay Guys, Kembali lagi di Cronyos.Com, kali ini cronyos.com akan mengulas salah satu oli matic terbaik di kelasnya yang mengusung motto 2x Revolusi dingin. sebelum kita ulas lebih jauh tentang sang jawara dingin oli motor matic ini coba kita telisik dulu apasih fungsi dan seberapa besar pentingnya oli buat motor kita. check it out!!

Secara garis besar oli yang baik harus memenuhi beberapa kriteria fungsional dari oli itu sendiri, diantaranya :

  1. Mampu mengurangi gesekan antar part pada mesin
  2. Mampu mendinginkan Mesin
  3. Mampu meredam Getaran pada Mesin
  4. Mampu Mencegah terjadinya korosi pada part mesin
  5. Mampu menjadi seal / Perapat antara dinding piston dan Silinder
  6. Membersihkan Ruang mesin

Nah, setelah kita tau syarat apa saja yang dibutuhkan oleh oli sehingga oli tersebut dapat dikatakan oli juara maka sekarang saatnya kita buktikan apakah oli yang akan kita bahas kali ini benar benar oli motor terbaik yang sesuai dengan judul ini. Oli yang akan kita bahas kali ini adalah… Jeng jeng jenggg.. Oli Federal Matic 30..  #OliSpesialMotorKu 🙂 (Honda Vario Techno 125)

Fungsi yang pertama ini adalah fungsi medasar dan sangat krusial dari Oli dimana orang awam pun pasti tau kalau fungsi dari oli adalah untuk mengurangi gesekan / biar licin:)

Kok bisa ya Oli bisa mengurangi gesekan? yah bisa dong, berikut ilustrasinya.

Ilustrasi Oil Film

Gambar ilustrasi diatas menunjukan bahwa Oli membentuk lapisan diantara dua part yang sedang berputar, sehingga kedua part tersebut tidak saling bergesekan. Oli yang baik akan selalu menyesuaikan kekentalan / viskositasnya terhadap suhu mesin sehingga bisa selalu tercipta lapisan oli yang baik diatara kedua part.

Viskositas Oli berdasarkan Suhu, Doc. Web Federal Oil

Federal Oil Matic Kesayangan Vario saya dengan kode dengan SAE 10w – 30 menunjukan bahwa kekentalannya dapat berubah sesuai dengan suhu atau dalam kata lain dapat menyesuaikan kekentalannya dengan suhu mesin sehingga lapisan oli akan selalu tercipta disegala kondisi, saat kondisi dingin maka kekentalan akan naik / berubah menjadi kental dan saat mesin panas maka kekentalan oli akan turun / berubah menjadi encer. Jadi dengan menggunakan oli yang dapat menyesuikan dengan suhu / Multi Grade maka Mesin motor kita dapat 2x lebih efektif dan 2x lebih kencang di semua tingkat suhu dibandingkan Oli yang tidak dapat menyesuikan dengan suhu / Single Grade.

Selain itu Oli Federal Matic dengan teknologi Viscoelastic Molecules membuat oli dimana teknologi ini membuat oli federal tidak memberatkan beban kerja mesin meskipun viskositasnya tinggi. alhasil membuat akeselersi motor kita lebih responsif.

Dannn, Oli Federal juga memiliki teknologi Active Moly. dimana teknologi ini dapat mengurangi gesekan antar part sehingga panas yang diciptakan akibat gesekan dapat dikurangi. alhasil mesin motor kita jadi lebih awett dan tetap nyaman buat kebut kebutan. hehe

Lanjut ke Fungsi Oli yang selanjutnya, yaituuu mendinginkan mesin, gimana bisa oli mendinginkan mesin?? yah bisalah, hehe

Kata Mendinginkan Mesin disini dapat kita artikan dalam 2 artian, yaitu mengurangi terciptanya panas dan memindahkan panas, mengurangi panas adalah efek positif hasil dari berkurangnya gesekan dan memindahkan panas karena oli mengalir dari satu tempat yang dingin ke tempat atau bagian mesin lain yang lebih panas. seperti ulasan diatas bahwa Federal Oil menggunakan Teknologi Active Moly yang berfungsi mereduksi gesekan sehingga panas yang dihasilkan akan berkurang.

Mungkin ulasan diatas sudah cukup membuat kita tahu Oli yang baik itu seperi apa, namun ada satu lagi yang perlu kita perhatikan dalam memilih Oli, Yaitu Pembersih. hehh?? Pembersih?? iya Pembersih..

Kata Pembersih disini juga memiliki 2 arti loh, yaitu Oli yang benar benar membersihkan atau oli yang mempunyai kemampuan mereduksi atau mengurangi terciptanya kotoran pada mesin. Gimana itu mas maksutnya, mari kita bahas satu persatu biar tidak puyeng.. hehe

Oli yang benar benar membersihkan berarti ketika didalam mesin itu terdapat kotoran berupa slug atau lumpur maka oli itu akan mengurai lumpur tersebut agar tidak menggumpal dan menyumbat saluran saluran oli yang ada. dari mana datangnya lumpur?? temukan jawabannya di paragraf berikutnya.

Selanjutnya, oli yang mampu mereduksi terciptanya kotoran atau lumpur tadi karena oli tersebut tidak terbuat dari minyak tambang atau crude oil, sehingga memiliki kadar carbon rendah, apa hubungannya kadar carbin rendah dengan lumpur??ya ada dong, kan lumpur tadi terjadi akibat adanya carbon yang terurai dari oli, bisa jadi akibat oli yang kena panas atau gara gara senyawa carbon pada oli yang bereaksi dengan permukaan blok mesin. gimana paham kan?? lalu gimana biar hal tersebut tidak terjadi pada motor kita??

Gampang, caranya ya gunakan oli yang memiliki kadar carbon rendah dan memiliki zat aditif yang mampu mengurangi terciptanya carbon. yaitu oli Syntetic sepert Federal Matic 30 ini, karena oli syntetic tidak dibuat dari minyak tambang sehingga kadar carbonnya sedikit, selain itu Federal Oli 30 juga memiliki formula double Act Cleaner yang tentu akan membersihkan mesin motor kita dari kotoran kotoran yang ada, So, Motor kita akan jadi 2x lebih Bandel brooo, karena tidak ada kotoran yang menyumbat dan menganggu sirkulasi oli di dalam mesin..

Mungkin cukup sampai disini dulu ya belajarnya guys, jangan lupa share dan comment jika kalian merasa artikel ini bermanfaat. Salam

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

10 Tips Menjaga dan Merawat AC Mobil agar Awet dan Tetap Sejuk

Berkendara akan terasa nyaman jika penyejuk / AC bekerja dengan sempurna. sudah menjadi suatu kebutuhan …

8 comments

  1. Federal emang bagus gan. Buat touring jg enak gan. Ga loyoo.

  2. Bambang Prasetya

    Mantep banget gan artikelnya. Sukses selalu !! 🙂

  3. Seru banget kalau pakai Federal Matic

  4. Federal Matic memang juara banget ya. Dari dulu pakai Federal Matic..

    Check cerita aku juga ya mas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *