10 Tips Menjaga dan Merawat AC Mobil agar Awet dan Tetap Sejuk

Berkendara akan terasa nyaman jika penyejuk / AC bekerja dengan sempurna. sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi di kota besar seperti di jogja ini kalau AC ngadat atau tidak dingin keadaan menjadi serba salah, kalau AC dibuka masalah keamanan debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika di tutup maka ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat memperpanjang umur AC anda :

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama bagian depan kendaraan karena debu yang ada nanti akan tersedot kedalam evaporator dan akan timbul jamur sehingga sirkulasi udara di evaporator akan terganggu. Hal ini akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin dan udara di dalam kabin akan berbau tidak enak.

2. Saat mencuci kendaraan, semprotkan air kebagian depan kondensor (yang berbentuk seperti radiator), karena jika ada kotoran / lumpur yang tidak segera dibersihkan akan mengeras dapat mengakibatkan korosi yang dapat mengakibatkan kondensor mudah bocor.

3. Saat memilih tempat parkir, pilihlah tempat parkir yang teduh jika akan parkir dalam waktu yang cukup lama, karena kalau di tempat yang panas maka saat AC dihidupkan beban AC akan sangat tinggi.

4. Perisalah extra fan / kipas di kondensor apakah hidup bila AC dihidupkan. Bila tidak hidup segera konsultasikan ke teknisi. Karena jika dibiarkan akan mengakibatkan compressor rusak atau selang tekanan tinggi bisa meledak.

5. Jangan merokok di dalam mobil karena asap rokok dapat mengotori evaporator, nikotin yang lengket di evaporator dapat menimbulkan lendir dan akan mengakibatkan bau tidak sedap di dalam kabin.

6. Jangan mengaktifkan AC dengan maksimal saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya

Baca Juga  Download Materi Kelistrikan Dasar Otomotif

7. Sebelum menghidupkan mesin pastikan AC pada posisi OFF dan pastikan AC Off sebelum mematikan mesin.

8. Jangan memakai pengaharum yang mutunya renah, karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada penggunaan jangka lama, dan bau tersebut susah di hilangkan. Dan jangan menggunakan pengaharum yang model colok di grill, sebab sering terjadi grill patah akibat dari pemasangan pengharum model ini.

9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera konsultasikan ke bengkel spesialis AC Mobil, agar kerusakan tidak menyebar dan bertambah kompleks.

10. Lakukan perawatan rutin AC, sangat disarankan setiap setahun sekali, komponen yang perlu diperhatikan adalah adalah Recaiver dryer, oli kompressor, pembersihan evaporator, penggantian freon. Perawatan rutin disamping memperpanjang fungsi komponen AC juga akan membuat kondisi udara di dalam mobil anda selalu nyaman.

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin

Giri Wahyu Pambudi – Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

2x Revolusi Dingin Oli Federal Matic jadi Jawara dingin Oli Matic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *