11 Waktu Terbaik untuk Berdoa

Diantara usaha kita yang bisa diupayakan agar do’a kita dikabulkan oleh Allah Ta’ala adalah dengan memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa do’a ketika waktu waktu itu akan di kabulkan.

Berikut ini waktu waktu yang tepat untuk berdo’a :

Ketika Sahur atau sepertiga malam terakhir

Rasulullah SAW bersabda :

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setia malamnya. Kemudian berfirman : ‘Orang yang berdo’a kepada Ku akan Ku kabulkan, oranng yang meminta sesuatu kepada Ku akan Ku berikan, orang yang meminta ampunan dari Ku akan Ku ampuni’ (HR.Bukhari no 1145, Muslim no 758).

Ketika berbuka puasa

Rasulullah SAW, bersabda :

“Ada tiga do’a yang tidak di tolak. Do’anya orang yang berpuasa ketika berbuka, do’anya pemimpin yang adil dan do’anya orang yang di dzalimi” (HR Tirmizi no 2528, Ibnu Majah no 2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi).

Ketika malam laillatul qadar

Malam lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an . Malam ini lebih utama dari 1000 bulan. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Malam lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan” (Qs. Al Qadr : 3)

Pada malam ini dianjurkan memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak do’a. Sebagaimana yang diceritakan oleh Aisyah RA :

“Aku bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah , menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam lailatul qadar? Beliau bersabda : Berdo’alah : ‘Ya Allah , sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku’ (HR. Tirmidzi no 3513, Ibnu Majah no 3119 , At Tirmidzi berkata : Hasan Shahih).

Ketika Adzan berkumandang

Rasulullah SAW, bersabda :

“Do’a tidak tertoak pada dua waktu , atau minimal kecil kemungkinannya ditolak. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecambuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR Abu Daud no 2540, Ibnu Hajar Al Asqalimi dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata : Hasan Shahih).

Diantara azan dan iqomah

Rasulullah SAW, bersabda :

“Do’a diantara adzan dan iqamah tidak ditolak” (HR. Tirmidzi 212, ia berkata : Hasan Shahih).

Rasulullah SAWa, juga bersabda :

“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah, maka janganlah saling mengganggu satu sama lain. Janganlah kalian mengeraskan suara dalam membaca Al-Qur’an atau beliau berkata ‘Dalam Sholat,” (HR Abu Daud 1332, Ahmad 430, disahihkan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani di Nata -ijul Afkar , 2/16).

Ketika sedang sujud dalam sholat

Rasulullah SAW, bersabda :

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang sujud. Maka perbanyaklah berdo’a ketika itu.” (HR Muslim, 482).

Ketika sebelum salam pada shalat wajib

Rasulullah SAW, bersabda :

“Ada yang bertanya : wahai Rasulullah, kapan do’a kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda :’Di akhir malam dan di akhir sholat wajib”. (HR. Tirmidzi 3499).

Pada hari Jum’at

Rasulullah SAW, bersabda :

” Rasulullah SAW menyebutkan tentng hari Jum’at kemudian beliau bersabda : ‘Di dalamnya terdapat waktu, jika seorang muslim berdo’a ketika itu , pasti diberikan apa yang dia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari 935 Muslim 852 dari Sahabat Abu Hurairah RA).

Ketika turun hujan

Hujan adalah nikmat Allah Ta’ala. oleh karena itu lebih baik memanfaatkan waktu hujan untuk berdo’a memohon apa yang diinginkan kepada Allah Ta’ala:

“Do’a tidak tertolak pada 2 waktu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun”. (HR. Al Hakim 2534, disahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’3078).

Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar

Diceritakan oleh Jabir bin Abdillah RA :

“Nabi Muhammad SAW berdo’a di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu di hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari rabu lah dosanya diampuni, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui beliau . Berkata Jabir : ‘Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdo’a, dan saya mendapati dikabulkannya do’a saya.”

Ketika hari Arafah

Hari Arafah adalah hari ketika para jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 dzulhijah. Rasulullah SAW, bersabda :

“Do’a yang terbaik adalah do’a ketika hari Arafah”. (HR At Tirmidzi, 3585. Di sahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).’

Semoga bermanfaat.

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Windari Diah F

Windari
樫木ケイタ

Check Also

5 Keutamaan Tentang Puasa Senin Kamis

Usamah bin Zaid radhiyallahu anhuma belia menceritakan bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam terbiasa puasa setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *