Perempuan Shalihah Perhiasan Dunia

Perempuan shalihah adalah gelar istimewa dan tidak bisa diraih oleh setiap perempuan di muka bumi ini. Perempuan shalihah adalah gelar yang dapat menjamin penyandangnya memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat, sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah SAW, dengan sabdanya :

“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah perempuan shalihah.”

(HR Muslim dan Abdullah Ibn Amr)

Perempuan shalihah merupakan perhiasan terindah bagi suaminya, bagi anak-anaknya, bagi keluarganya, bagi kerabatnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Seorang suami senantiasa mendambakan istri shalihah, yang akan menjadi perhiasan terindah dan menjamin kebahagiaan hidupnya.

sungguh amat mulia perempuan shalihah. Ia akan menjadi cahaya bagi suami dan keluarganya dan juga berperan melahirkan generasi dambaan. Dalam hal ini, Islam mendorong kaum laki-laki dalam memilih calon istri atas agamanya, sehingga suami, anak-anaknya, dan juga rumah tangganya akan diselimuti kedamaian serta kebahagiaan. Rasulullah SAW, bersabda :

“Wanita dinikahi karena empat hal : karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Pilihlah karena agamanya, maka engkau akan mendapatkan kebahagiaan.”

(HR Bukhari dan Muslim)

Perempuan yang berpegang teguh terhadap agamanya adalah tanda dari perempuan shalihah yang dirindukan surga. Dan dalam hal pernikahan, maka kaum laki-laki diwajibkan untuk memilih perempuan yang berpegang teguh pada agamanya sebagimana disebabkan karena hal-hal berikut ini :

  1. Istri shalihah perhiasan dunia yang paling indah, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah.
  2. Mendorong laki-laki untuk menyempurnakan separuh agamanya.
  3. mendorong suami untuk taat kepada Allah dalam menjalankan urusan-urusan akherat.
  4. melahirkan anak shalih dan shalihah yang memeberikan manfaat kepada suami, baik di dunia maupun di akherat. Rasulullah bersabda :

” Jika manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara. Ilmu yang bermanfaat, shadakah jariyyah, dan anak yang shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.”

(HR Muslim)

itulah beberapa alasan mengapa kaum laki-laki diwajibkan untuk menikahi perempuan shalihah. Dan hanya istri shalihah yang mampu menciptakan kebahagiaan hakiki dan bahtera hidup rumah tangga bersama suami, karena perempuan shalihah adalah perhiasan dunia.

Baca Juga  Mengenal Pedoman Penetapan Jadwal Waktu Sholat

Sumber : Rahasia Menjadi Muslimah Dunia dan Akherat

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Windari Diah F

樫木ケイタ
Jumlah Post : 59 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

7 Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Harus Kamu Tahu