Menjadi Muslimah Yang Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab adalah nilai luhur yang semestinya ada di dalam diri muslimah. Nilai ini sangat penting sekali, kenapa? karena muslimah banyak mengemban amanat dari Allah. Muslimah bisa belajar bertanggung jawab dimulai dari diri sendiri. Seperti kata pepatah Arab “ibda’binafsik” yang artinya “mulailah dari dirimu”. Jika seorang muslimah sudah terbiasa bertanggung jawab pada dirinya sendiri, maka ia akan terbiasa bertanggung jawab pada amanat-amanat Allah yang lain.

Pada dasarnya, seorang muslimah sudah mulai memiliki tanggung jawab atas dunia ini. Atas keberadaannya di muka bumi ini. Seorang muslimah bertanggung jawab atas kekhalifahannya di muka bumi ini. Menyebarkan kasih sayang dan kebaikan (rahmatan lil’aalamin) yang merupakan perwujudan melanjutkan visi-misi Islami.

Tanggung jawab memanglah nilai luhur yang paling mendasar. Krena tanggung jawab ini akan menemani kita dalam menjalani hidup. Dari tanggung jawab kepada Allah, tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada keluarga, tanggung jawab kepada masyarakat, tanggung jawab kepada bangsa dan negara, bahkan tanggung jawab kepada alam.

Seorang muslimah bisa melewati semua itu dengan baik. Dengan ijtihad yang baik, berdo’a dan  bertawakal kepada Allah. Allah akan memudahkan dan tidak akan mempersulit. Allah SWT menyayangi hamba-hamba-Nya yang mau berusaha. Semoga kita termasuk golongan muslimah yang bertanggung jawab dan tidak lalai. Aamiin Yaa Rabb Al-‘akamin

Sumber : Ahmad Bahaudin, Karakter & Keperibadian Muslimah Idaman Surga

Baca Juga  Alasan Kenapa Perlu Belajar Ilmu Tajwid
Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Windari Diah F

樫木ケイタ
Jumlah Post : 55 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Hukum Memakai Cadar Berdasarkan 4 Mazhab