Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini merupakan saat yang paling tepat untuk mengembangkan kreativitas . oleh karena itu , diperlukan adanya program program permainan dan pembelajaran yang dapat memelihara dan mengembangkan potensi kreativ anak. Hal ini didasarkan pada beberapa alasan sebagai berkut :

  1. Kreatif merupakan manifestasi setiap individu.
  2. Kreativitas merupakan kemampuan untuk mencari berbagai macam kemungkinan dalam menyelesaikan suatu masalah, sebagai bentuk pemikiran yang sampai sekarang belum mendapat perhatian dalam pendidikan anak usia dini.
  3. Kegiatan kreataif tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan pribadi dan lingkungannya, tetapi dapat memberikan kepuasan kepada anak.
  4. Kegitan kreatif dapat menghasilkan para seniman, dan ilmuan, karena factor kepuasan yanh dikembangkan dari kegiatan kreatif ini akan mendorong mereka untuk menjadi seseorang yang lebih baik.
  5. Kreativitas memungkinkan setiap anak usia dini mengembangkan berbagai potensi dan kualitas pribadinya.

Dengan potensi kreativitas alami yang dimilikinya, anak akan senantiasa membutuhkan aktivitas yang syarat dengan ide kreatif. Ini penting, karena rasa ingin tahu dan keinginan untuk mempelajarai sesuatu merupakan karunia Allah, dan dimiliki oleh setiap anak. Secara alami anak usia dini memiliki kemampuan untuk mempelajari sesuatu menurut caranya sendiri.

Semenjak bayi anak manusia sudah dikaruniai Allah kemampuan untuk mempelajari sesuatu, dan akan terus berkembang sejalan dagan  perkembangan usianya. Semakin bertambah usianya, semakin terampil menggunakan berbgai perangkat yang lebih lengkap untuk mempelajari dan menghasilkan sesuatu, bersamaan dengan itu minat dan kreativitas juga mulai berkembang secara perlahan.

Dalam menumbuhkan jiwa kreatif anak usia dini diperlukan pendidikan dan lingkungan yang dapat mempehatikan sifat alami anak dan menunjang tumbuhnya kreativitas. Sifat sifat alami yang mendasar inilah yang harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan sehingga sifat kreatif mereka tidak hilang. Sikap alami anak usia dini yang mendasar dan sangat menunjang tumbuhnya kreativitas tersebut, antara lain pesona dan  rasa takjub , imajjinasi, rasa ingin tahu, dan banyak bertanya.

  1. Pesona dan Rasa Takjub.
  2. Imajinasi.
  3. Rasa Ingin Tahu.
  4. Banyak Bertanya.
Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Kegiatan Fullday School pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Zafira Wafa

Jumlah Post : 59 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Contoh Proposal BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) RA