Pentingnya Berhijab Bagi Seorang Muslim

Pentingnya Berhijab Bagi Seorang Muslim
5 (100%) 1 votes

Assalamu’alaikum Wr Wb. Wanita di ciptakan sangat indah. namun bukan berarti keindahan itu diumbar tanpa aturan. Islam sungguh luar biasa memuliakan wanita dengan segala aturannya yang mulia.

I am muslim, Hijab is my identity

Kali ini kita mau membahas tentang hijab, mungkin sudah banyak ulasan mengenai hijab. Namun sering kita lihat banyak wanita yang tidak faham tentang hijab itu sendiri.

Baca Juga  Hukum Menabung di Bank

Hijab (حجاب) berasal dari bahasa Arab yang berarti penghalang.
Dalam Al-Qur’an pada surat Al-Ahzab : 59 dan surat An – Nur : 31, dijelaskan tentang kewajiban wanita muslim menggunakan hijab :

“Hai Nabi, katakan kepada istri-istri mu,anak-anak perempuan mu dan istri-istri orang mukin : ” Hendaklah mereka mengulurkan hijabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah di kenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”(Al Ahzab :59)

” Katakan kepada wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dar padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.:(An-Nuur :31)

Dari ayat di atas dapat kita fahami, bahwa hijab adalah kain yang menutupi dada dan seluruh tubuh, yang memiliki fungsi supaya wanita dapat menahan pandangan dan kemaluannya agar mudah dikenali dan tidak diganggu.

Dijelasakan dalam An-Nur : 31 bahwasanya yang diperbolehkan melihat aurat seorang wanita hanya :
suami, ayah, ayah suami, putra, saudara laki-laki, putra saudara laki-laki, putra saudara perempuan, wanita islam, budak yang dimiliki serta pelayan laki-laki dan anak-anak. jadi selain yang disebutkan tadi wanita harus senantiasa menutup auratnya.

Kriteria hijab yang benar menurut Muhammad Nashiruddin Al Albani kriteria hijab yang benar :

  1. Menutup badan, kecuali wajah dan telapak tangan.
  2. Jilbab bukan merupakan perhiasan.
  3. Tidak tipis dan bahan tidak tembus pandang.
  4. Tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh.
  5. Tidak berparfum.
  6. Tidak menyerupai kaum pria, atau wanita kafir.
  7. Bukan pakaian untuk mencari popularitas.

Jadi dari pembahasan tadi dapat kita ambil beberapa poin :

  1. Hijab wajib bagi wanita muslim.
  2. Aurat wanita itu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Kita bisa introspeksi diri apakah kita wanita muslim sudah memakai hijab?
Jika sudah, apakah hijab yang kita kenakan sudah sesuai dengan ktiteria hijab?
Mungkin kita belum menyadari ternyata masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki sebagai seorang wanita muslim.

Perbaikan berawal dari diri sendiri, setelah itu kita nasehat menasehati kepada teman-teman kita yang belum faham tentang kewajiban memakai hijab, atau hijab yang digunakan belum sesuai syariat islam.

Bisa kita lihat teman-teman di sekitar kita :
seperti…

  1. Memakai hijab namun rambutnya terlihat
  2. Memakai hijab namun tidak menutup dada
  3. Memakai hijab yang tipis sehingga memperlihatkan rambut serta leher
  4. Memakai hijab serta mengenakan pakaian yang ketat yang memperlihatkan bentuk tubuhnya
  5. Memakai hijab untuk popularitas, supaya ingin dilihat orang
  6. Memakai parfum yang menyengat sehingga menarik perhatian lawan jenis
  7. Masih banyak lagi…

Wahai sahabat… kami belum tentu baik, belum tentu hijab kami sudah sesuai dengan kriteria hijab yang benar. Namun marilah kita bersama sama memperbaiki diri semoga kita bisa menjadi wanita sholeha yang selalu menjaga diri kita dengan hijab yang insyaAllah di muliakan oleh Allah. Amin..

Belajar bukan tentang selalu benar, tetapi tentang bertumbuh dalam kebenaran dan berpindah dari kesalahan.

semoga bermanfaat…

Perubahan menjadi lebih baik memang memerlukan proses dan proses memerlukan waktu, namun waktu mu di dunia tidaklah banyak maka lakukanlah sekarang sebelum waktumu habis.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

pentingnya hijab , pentingnya hijab bagi wanita muslimah , pentingnya hijab untuk wanita , pentingnya hijab bagi wanita muslim , pentingnya hijab syar’i , pentingnya hijab bagi seorang wanita , pentingnya hijab bagi kaum hawa , pentingnya hijab dalam islam , pentingnya memakai hijab , pentingnya menjaga hijab , pentingnya menggunakan hijab , artikel pentingnya hijab , apa pentingnya hijab , pentingnya hijab bagi muslimah , pentingnya hijab bagi perempuan , pentingnya hijab bagi wanita , pentingnya jilbab bagi wanita muslimah , manfaat hijab bagi wanita muslimah , manfaat jilbab bagi wanita muslim , pentingnya jilbab bagi wanita muslim , manfaat hijab bagi wanita , pentingnya jilbab bagi wanita , manfaat hijab buat wanita , manfaat hijab bagi wanita muslim , pentingnya memakai jilbab bagi seorang wanita , manfaat hijab dalam islam , manfaat jilbab menurut islam dan sains , pentingnya memakai jilbab , manfaat memakai jilbab bagi wanita , manfaat memakai jilbab bagi kesehatan , manfaat memakai kerudung bagi kesehatan , manfaat memakai jilbab dalam islam , manfaat memakai jilbab dari segi kesehatan , manfaat memakai jilbab menurut islam , manfaat memakai hijab syar’i , manfaat memakai jilbab secara medis , manfaat memakai jilbab syar’i , manfaat memakai jilbab untuk kesehatan , pentingnya menggunakan jilbab

Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki SMK N 2 Wonogiri lulus 2015 UNIV Negeri Yogyakarta lulus 2019 2019 - Sekarang Bekerja di SMK Gajah Mungkur 1 Wuryantoro, Wonogiri
Jumlah Post : 396 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Nikmat Iman dan Islam adalah nikmat terbesar