Pengertian dan Manfaat Seni Tari / Menari menurut para Ahli

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Siapa disini yang suka menari? nah kali ini kita akan membahas sedikit tentang definisi seni tari dan beberapa manfaat dari belajar menari.

Seni Tari yaitu gerak badan secara berirama yang dilakukan di tempat serta waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta fikiran. Pengertian tari lainnya adalah ungkapan perasaan jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak ritmis yang indah dan di iringi music. Gerakan tari tidak sama dengan dengan gerakan sehari-hari seperti berjalan, lari, atau senam. Gerak dalam tari tidaklah gerak realistis, tetapi gerak yang sudah di bentuk ekspresif serta estetis.Unsur paling utama dari tari adalah gerak. Gerak yang melibatkan anggota badan manusia. Tarian yang sesungguhnya adalah kombinasi dari beberapa unsure yakni wiraga (raga), Wirama (irama), serta Wirasa (rasa).

Menari merupakan keterampilan khusus, namun bukan berarti bahwa seseorang yang kurang berbakat tidak mempunyai peluang karena semua keterampilan bisa di pelajari, dilatih, dan di biasakan. Tari juga merupakan alat ekspresi ataupun sarana komunikasi seniman kepada orang lain. Meniptakan untaian gerak yang dapat membuat penikmatnya peka teradap sesuatu yang ada di sekitarnya. Karena tari adalah ucapan, pernyataan dan ekspresi dalam gerak yang membuat komentar mengenai realitas kehidupan yang merasuk di benak penikmatnya setelah pertunjukan tari selesai.

Beberapa definisi tari menurut para ahli, di antaranya :

1. La Meri

Tari adalah subyektif yang diberi bentuk objektif.

2. Soedarsono

Tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak ritmis yang indah.

3. B.P.A Soerdiningrat

Tari adalah gerak-gerak dari seluruh tubuh / badan yang selaras dengan bunyi music (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan di dalam tari.

4. Curt Sachs

Tari adalah gerak yang ritmis.

5. Corrie Hartong

Tari dalam buku Danskunst tari adalah gerak yang diberi bentuk dari badan di dalam ruang

Jadi dapat di simpulkan bahwa bahan baku tari adalah gerak yang ritmis yang itu harus lahir dari jiwa manusia karena tari sebagai ekspresi yang diungkapan manusia untuk di nikmati dengan rasa. Dari definisi para ahli tari adalah bentuk gerak yang indah dan lahir sari tubuh yang bergerak, berirama dan berjiwa.

Baca Juga  Mengenali Kebutuhan Emosi dan Kasih Sayang pada Anak Usia Dini

Manfaat tari di bedakan menjadi 2 yaitu :

1. Hiburan

Hiburan dapat berupa : tarian, music, lawakan dan semuaitu sifatnya untuk menghibur saja.

2. Komunikasi

Melalui gerak – ruang – waktu yang ada pada tari membawa misi / pesan yang dapat di pahami oleh peminatnya.

Nah itu sedikit pengertian / definisi dan manfaat seni tari semoga bermanfaat, Wasalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Pentingnya Bermain bagi Anak Usia Dini

Bermain bagi anak usia dini dapat mempelajari dan belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *