Manfaat Memahami Karakter Anak Sejak Usia Dini

Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik , psikis, moral, spiritual maupun emosional. Anak usia dini merupakan masa yang paling tepat untuk membentuk fondasi dan dasar keperibadian yang akan menentukan pengalaman selanjutnya. Oleh karena itu , memahami anak usia dini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi para orang tua, guru, pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Melalui pemahaman tersebut akan sangat membantu mengembangkan mereka secara optimal, sehingga kelak mejadi generasi-generasi unggul yang siuap memasuki era globalisasi yang penuh dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan yang semakin rumit dan kompleks.

pengalaman anak pada usia dini akan berpengaruh kuat terhadap perkembangan kehidupan selanjutnya, bertahan lama, dan tidak dapat dihapuskan. Pengalaman tersebut, mesklipun sudah masuk ke dalam otak bawah sadar, akan muncul kembali ketika ada stimulus yajng merangsangnya, hanya mungkin dalam bentuk yang berbeda.

Beberapa manfaat memahami karakteristik anak usia dini dapat didefinisikan sebagai berikut :

  1. Pemahaman terhadap karakteristik anak usia dini dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk memberikan pendidikan dan layanan yang efektif.
  2. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk merangsang program-program yang tepat untuk mengantarkan anak sukses dalam setiap langkah kehidupannya.
  3. Pemahaman terhadap anak usia dini akan bermanfaat untuk memberikan pengalaman awal yang positif terhadap anak sesuai dengan potensi dan karakteristiknya masing – masing.
  4. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk memberikan stimulasi fisik dan mental dengan kecepatan yang luar biasa dibanding dengan sepanjang usianya.
  5. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk mengatahi berbagai hal yang dibutuhkan oleh anak dan yang bermanfaat bagi perkembangan hidupnya.
  6. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk mengetahui tugas-tugas perkembangan anak sehingga dapat memberikan stimulasi, agar anak dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik.
  7. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk membimbing proses belajar pada saat yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.
  8. Pemahaman terhadap anak usia dini sangat bermanfaat untuk menaruh harapan dan tuntutan terhadap anak secara realistis.
  9. Pemahaman terhadap anak usia dini dangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan keadaanj dan kemampuannya.
Baca Juga  Cara Mengajarkan Ilmu Agama kepada Anak Usia Dini

Sumber : Prof . Dr .HE. Mulyasa, M.Pd, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Zafira Wafa

Jumlah Post : 59 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Contoh Proposal BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) RA