Jilbab dan Keseharian Muslimah

Ciri khas yang sering dilekatkan masyarakat pada diri seorang muslimah adalah jilbab. Jilbab adalah upaya seseorang muslimah untuk menutupi auratnya. Jadi, jika ada seorang mengaku muslimah, tetapi enggan mengenakan jilbab, kita perlu mempertanyakan kemuslimahannya. Sebab muslimah dan jilbab adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Apalagi menutup aurat dalam Islam hukumannya wajib. Allah Swt berfirman :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : ‘Hendaklah merekaa mengulurkan jilbabnya ke seluruh tu buh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karenaitu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59).

Agama Islam yang hanif, dengan arahan-arahan yang lurus serta petunjuk-petunjuknya yang penuh hikmah, memelihara wanita, melindungi kemuliaan, dan martabatnya. Juga menjamin terwujudnya kemuliaan dan kebahagiaannya. Islam telah membuka jalan bagi muslimah untuk meraih nikmatnya kehidupan, jauh dari suasana yang meragukan dan fitnah, serta (jauh) dari kejelekan dan kerusakan. Ajaran-ajaran Islam merupakan pengaman tidak dapat bagi muslimah, tetapi bersifat menyeluruh untuk masyarakat, supaya tidak terjerat kejelekan dan fitnah. Islam berfungsi untuk mencegah dari musibah dan prahara yang bakal menimpa.

Jilbab yang sudah dikenakan dengan benar InsyaAllah akan memberikan pengaruh besar untuk melakukan kebaikan. Sedangkan menanggalkannya bisa membuka peluang masuknya bermacam-macam maksiat. Karena pada dasarnya tidak berjilbab merupakan kemaksiatan.

Meskipun jilbab bukanlah jaminan bahwa seseorang itu berakhlak baik, setidaknya dampak positif yang dicapai oleh muslimah berjilbab jauh lebih baik dibanding muslimah yang tidak berjilbab. Sebab muslimah yang berjilbab itu telah memperoleh sebagian dari kebaikan/keutamaan. Sedangkan kebaikan lainnya harus dipenuhi dengan kewajibab lainnya.

About Windari Diah F

樫木ケイタ
Jumlah Post : 40 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Menjadi Muslimah Yang Bertanggung Jawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *