Cara Membuat Toko Online pada Blog Blogspot dengan layanan ECWID

Apakah Anda ingin membangun sebuah toko belanja online di blog Blogger??  jika jawabanya “iya” maka tepat sekali anda membuka artikel ini, karena pada artikel kali ini akan disajikan cara embuat toko online menggunakan blogger, dan tentunya kita tidak perlu mengunakan template khusus, dan dengan sedikit ilmu pemrograman blogger anda sudah bisa membuat toko online menggunakan blogger. Anda dapat memeriksa di link demo berikut untuk melihat hasilnya

DEMO

Untuk menambahkan sebuah toko online di Blogger, kita akan menggunakan plugin yang disebut ECWID. Ini adalah solusi  dari masalah anda tentang Toko Online blogger, dan tentunyta fiturnya lengkap, ada shopping cartnya juga 😀

Pertama, Anda perlu mendaftar akun di ECWID.com . Jika Anda memiliki akun PayPal, Facebook atau Google maka Anda dapat memilih layanan ini untuk mendaftar dengan cepat. Atau anda juga bisa mendaftar menggunakan Email.

Langkah # 1: Menambahkan sebuah Produk

Setelah mendaftar akun, Anda akan dapat mengakses Ecwid Control Panel atau dashboard. Pertama Pilih “Tambah Produk”.

Tambahkan nama produk, harga dan gambar. Anda dapat menggunakan “Opsi Lainya / More Powerfull Options”untuk menambahkan detail tambahan untuk produk Anda seperti kategori, deskripsi, warna dan lain-lain. Setelah menambahkan produk Anda, tekan “Simpan”.

Anda tidak akan melihat pesan bahwa produk Anda berhasil ditambahkan, cukup klik pada”Lanjutkan ke langkah berikutnya / proceed to next step” tombol.

Katalog demo membantu Anda untuk explore dan memahami fungsi dari situs, tekan “Hapus” untuk menghapus semua produk demo yangpernah ditambahkan ke toko Anda.

Langkah # 2: Membuat Online Store di Blogger:

Setelah menghapus katalog demo, sekarang saatnya untuk mempublikasikan produk Anda di situs Blogger Anda. Cukup pilih “Create Store” dari menu atas seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Pilih tombol “Ya, saya memiliki sebuah situs web” dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Sekarang Anda harus memilih platform yang Anda gunakan, karena kita menggunakan Blogger dan tidak tercantum dalam platform yang tersedia. Kami akan pilih “Other Platform”.

ECWID menyediakan empat widget eCommerce yang dapat ditambahkan ke toko Blogger Anda – Manajer Produk, Kategori, Mini Cart dan Search Box. Kita telah mendefinisikan setiap kategori secara singkat di bawah;
  1. Manajer Produk: Ini menampilkan data lengkapmengenai produk yang telah Anda tambahkan dalam katalog produk, widget ini sangat penting
  2. Kategori: Widget ini akan menampilkan daftar lengkap kategori produk toko Anda.
  3. Mini Cart: widget ini akan menambahkan keranjang belanja mini untuk situs Anda. dengan Menambahkannya di menu akan membantu pengguna dalam checkout.
  4. Kotak Pencarian:widget ini berguna untuk membantu pengguna dalam mencari produk di toko Anda.
Baca Juga  Kumpulan Backlink Redirect .Gov dan .Edu Terbaru
Salin kode html yang ada disetiap widget dan Paste kode pada halaman di mana Anda ingin widget itu muncul. Simpan dan refresh halaman.

sekarang saatnya memasang toko online di blogger. pergi ke Blogger.com >> Buat Halaman Baru beri nama islkan “My Store” dan Sekarang ubah ke mode HTML dan paste kode yang anda copy tadi. tekan tombol Publish.

sekarang Anda dapat menambahkan lebih banyak produk ke toko Anda. Setiap produk ditambahkan ke katalog produk akan muncul secara otomatis di browser produk di blog Anda.

Langkah # 3: Pengaturan Cara Pembayaran:

Ecwid juga mendukung platform pembayaran populer seperti PayPal, Authorize.Net dan Stripe. Anda dapat memilih cara yang paling cocok untuk melakukan pembayaran dari pelanggan Anda yang meliputi cek, uang tunai, pembayaran kartu credit.

Pilih “Get Paid” dari menu atas.

Jika Anda ingin menggunakan PayPal untuk metode pembayaran dari pelanggan Anda di blogger maka pilih “Get Paid with PayPal” dan masukkan alamat paypal anda ,Anda juga dapat menggunakan Stripe, jika Anda memiliki akun stripe.

sekarang Anda dapat memilih metode pengiriman dengan memilih “Configure Shipping” dari menu atas. Jika Anda menjual barang digital seperti software, dll maka Anda dapat menonaktifkan pengiriman. Jika Anda menjual produk fisik, maka Anda dapat mengikuti petunjuk untuk pengaturan metode pengiriman.

 Kami harap tutorial ini telah membantu Anda dalam belajar bagaimana membuat toko eCommerce secara online di Blogger. Jika Anda suka artikel ini, berbagi dengan teman-teman Anda di Facebook, Twitter atau Google+.
Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Cara Membuat Menu Navigasi Blog Tidak Hilang Saat diScroll (Sticky Nav)

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Semoga Keselamatan dan Rahmat Allah serta KeberkahanNya terlimpah kepada kalian. 🙂 dijawab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *