Cara membuat Server Web Hosting menggunakan PC Windows

Cara membuat Server Web Hosting menggunakan PC Windows
4.5 (90%) 3 votes

Cara membuat web hosting sendiri – Assalamu’alaikum teman, kali ini kita akan membicarakan topik yang agak berbeda dengan topik biasanya, jika sebelumnya jika membicarakan topik tentang arduino maka kali ini kita akan belajar mengenai cara membuat server sendiri dengan PC / laptop menggunakan PC / Laptop milik kita sendiri / pinjem punya temen kalau boleh.hehe

Oke, jadi sebelumnya saya terangkan dulu bahwa saya buka anak IT 🙂 Sejak sekolah sampai kuliah saya ambil jurusan otomotif, namun seringkali juga saya mainan program maskipun juga masih belajar 🙂 jadi untuk tutorial kali ini mungkin bisa dibilang tutorial sederhana bagi kalian yang sudah expert.

sebenarnya tutorial ini berawal dari ketika saya mainan Raspberrry PI yang waktu itu saya gunakan untuk controller project mobil tanpa awak / Autonomous. kemudian terbesit di pikiran saya gimana ya caranya punya web hosting sendiri? kan enak ya kalau punya web hosting sendiri. tidak perlu sewa hosting 🙂 dan rencana saya kalau berhasil maka blog ini akan saya hosting pakai raspberry PI. singkat cerita lagi ternyata berhasil, saya bisa buat hosting pakai Rasberry PI menggunakan OS Linux dengan server mulai dari Apache dan NginX (bacanya bukan “nging” lo, tapi “Engine X”;).  oleh sebab itulah saya buat tutorial ini, siapa tahu bermanfaat.

dalam tutorial ini kita akan coba menggunakan laptop / PC kita sendiri ya, selain karena saya yakin tidak semua pembaca web ini punya PC nganggur / Raspberry PI alasan lainya adalah dengan menginstal server di laptop / PC pribadi ini maka teman teman yang mau belajar membuat webiste dengan html atau php tidak perlu install software lain seperti XAMPP atau justru sewa cloud hosting 🙂 ngirit broo, hehe

Untuk servernya sendiri kita akan pakai NginX, loh kok ga pakai Apache mas? jawabnya adalah karena menurut saya lebih enak pakai NginX, selain installnya gampang ternyata NginX juga terkenal karena lebih ringan dan kenceng daripada Apache. sampai sampai salah satu website besar di Indonesia yaitu Tokopedia yang dulunya pakai Apache sekarang beralih ke NginX.

Baik, langsung saja kita mulai. ikuti tutorialnya dengan teliti ya, Selamat Belajar.

  1. Download Dulu NginXnya di disini, atau untuk melihat update versi terbaru bisa buka disini 
  2. Extraxt isi file tersebut di drive C:\
  3. Buka nginx.exe di dalam folder tersbut, kalau tmpat saya di C:\nginx-1.13.8\nginx.exe
Baca Juga  5 Hal yang Membuat Battery HP kamu Lebih Awet

Sampai sini kita sudah berhasil setting servernya, untuk testing apakah server kita jalan atau tidak cukup buka chrome / web browser lainya lalu ketikan “localhost” lalu enter, maka akan muncul sperti ini

Lalu untuk menaruh file file untuk keperluan website seperti file-file html dimana? untuk menaruh file file untuk keperluan website kita bisa taruh di C:\nginx-1.13.8\html, didalam folder tersebut sudah berisi file index.html yang menampilkan halaman seperti pada gambar diatas.

Pada tahapan kali ini kita baru membuat server kita online di PC kita sendiri alias tidak bisa diakses pengguna dari laptop lain, untuk membuat server kita benar benar online maka kita perlu setting di routernya, untuk lebih jelasnya seperti instalasi PHP dan Setting Routernya baca artikel saya berikut ini :

  1. Cara Fordward IP Modem Indihome F609 untuk akses Localhost dari Jaringan lain
  2. Cara Setting IP address Statis di Windows 7 8 10

Update 14 Jumadil Awal 1439 H

Jika kita melakukan tutorial diatas maka tiap kali restart PC kita maka kita harus membuka NginxX.exe untuk memulai server, tentu hal ini nantinya sangat tidak efisien, karena tiap PC mati maka kita perlu membuka NginXnya, lalau bagaimana agar NginxNya otomatis terbuka saat StartUP? berikut caranya :

  1. Buat Shortcut NginXnya, tempat saya Nginx.exe’nya ada di C:\nginx-1.13.8\nginx.exe, Klik kanan > Create Shortcut
  2. Pindahkan Shortcut yang sudah di buat ke C:\Users\Anonymus\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup (disesuaikan dengan folder user pada PC kita masing masing)
Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 368 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Cara Membuat Tulisan Whatsapp Tebal, Miring atau Bergaris