8 Ciri Ciri Fisik Dajjal yang harus diketahui

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apa yang terfikir di fikiran kalian ketika mendengar “dajjal”?? yaa, mungkin yang terfikir di fikiran kalian adalah tentang Hari Akhir bukan?? lalu seperti apa ciri ciri dajjal?? sebenarnya hampir tidak ada hadis shahih yang menyebutkan nama dajjal yang sebenarnya, nama keluarga, ayah, ibu, bapak, kakek atau neneknya. akan tetapi Rasullullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam telah menyebutkan ciri ciri dajjal lewat beberapa hadistnya yaitu:

1. Dajjal adalah orang yahudi yang mandul

Dari abu sa’id al-Khudri berkata,”Aku menemui Ibnu Shayyad ke Makkah, lalu ia bertanya kepadaku, apa yang kamu dapatkan dari manusia yang kamu temui?” aku menjawab “mereka menganggapku dajjal”, “Bukankah kamu telah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam telah menyatakan bahwa ia tidak mempunyai anak??” aku menjawab “ya” (HR. Muslim)

Hadis tersebut seperti sebuah cerita yang terjadi pada masa nabi.ketika Rasulullah dan para sahabatnya sedang berkumpul ada orang yang bernama Ibnu Sayyad, ia memiliki ciri ciri seperti dajjal, Umar bin Khattab pun bersumpah di samping Muhammad bahwa Ibnu Sayyad adalah dajjal, Rasulullah berkata pada Umar,jika Ibnu Shayyad itu benar dajjal, maka Umar tidak akan pernah bisa membunuhya. Ibnu Shayyad tak lama kemudia mendengar apa yang dibicarakan oarang orang mangenainya, ia sangat terluka dan berusaha membela dirinya. dan berhujjah bahwa sifat sifat dajjal yang dikabarkan oleh Rasulullah tidak sesuai dengan keadaanya. dajjal kafir sedangkan Ibnu Shayyad Muslim, Ibnu Shayyad memiliki keturunan sedangkan dajjal mandul, Ibnu shayyad bisa memasuki kota Makkah dan Madinah, sedangkan dajjal tidak bisa.

2. Berbadan Tinggai dan besar

silahkan baca di kisah Rasulullah saat menceritakan tentang Tamim al-Dariy yang terdampar di sebuah pulau

3. Berkepala Besar dan Berbadan Lapang

didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani, dijelaskan bahwa Ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam pernah berkata tentang dajjal

“Kepalanya seperti ashalah(ular) dan seperti al-‘Iz bin Qitn”

Ashalah adalah jenis ular yang paling jelek dan meiliki tubuh tambun, al-Bazar juga meriwayatkan dari Faltan bin Ahim bahwa Rasulullah Shalallu ‘Alaihi Wassallam, bersabda

“Pada malam lailatul qadar diperlihatkan kepadaku, kemudian aku lupa, aku melihat al-Masih yang sesat. Al-Masih yang sesat itu adalahlaki-laki yang mempunyai kening lebar, mata kirinya tertutup dan dadanya lapang seperti al-Iz bin Qitn”

4. Cacat dan berwajah Kemerah – Merahan

Dari Ibnu Abbas radhiyallhu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam berkata tentang dajjal

“Ia cacat dan putih kemerah-merahan” (diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani dalam Al-Kabir)

5. Rambutnya lebat dan ikal

“dajjal adalah seorang pemuda yang berambut keriting seperti al-‘Iz bin Qitn”(HR. Muslim, Abu Daud, Ibnu Majjah, Ahmad, Tirmidzi dan Hakim)

dari Hudzaifah bin al-Yaman radhiyallahu’anhu, Rasulullahu bersabda: “dajjal adalah orang yang cacat mata kirinya dan rambutnya keriting seperti buih karena lebatnya”(HR. Muslim)

6. Kedua Matanya Cacat

Mata Kananya buta, bagaikan anggur yang tidak menonjol dan tidak pula cekung, sedangkan mata kiri yang digunakan utnuk melihat bersinar kahijauan, tajam dan penuh amarah, dan didalamnya terdapat daging atau daging yang tumbuh, seolah olah sudah menyatu dengan darah.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah bersabda : “Dan tidaklah diutus seorang nabi yang diikuti itu, kecuali untuk memperingatkan kaumnya terhadap Dajjal. Aku telah menerangkan ciri-cirinya bahwa ia cacat, sedangkan Tuhan kalian tidaklah cacat. Mata kanannya menonjol dan tidak dapat disembunyikan, seolah-olah dahak yang berada di dinding kapur, sedangkan mata kirinya seperti planet yang bulat.”(HR.Ahmad)

7. Diantara Kedua matanya tertulis kafir

Dalam hadis Hudzaifan bin al-Yaman dikatakan bahwa “di antara kedua matanya tertulis kata kafir yang dapat dibaca setiap mukmin, baik yang dapat menulis maupun yang tidak dapat menulis”(HR.Muslim)

Dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Umar bin Tsaabit bahwa Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda pada saat beliau memperingatkan orang orang terhadap bahaya dajjal

“pada dahinya terdapat tulisan kafir, yang dapat dibaca oleh setiap orang yang membencinya”

para ulama menyatakan, tulisan yang ada di dahi dajjal itu adalah tulisan nyata, tapi hanya dapat dibaca oleh orang muslim yang mengetahui hakikat dajjal dan ciri-cirinya melalui hadis hadis nabi.

Baca Juga  Kisah Nabi Adam dan Hawa yang diKeluarkan dari Surga akibat Bujuk Rayu Iblis

8. Kakinya bengkok

“Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting rambutnya, buta sebelah matanya, dan matanya kabur tidak menonjol dan tidak juga cekung, jika ia memperdayai kalian maka ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta sebelah.” [HR. Ahmad 23144, Abu Dawud 4320]

sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan kita, Aamiin, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Cerita 4 Remaja Arab tentang Pentingya Cita Cita dan Harapan

Diceritakan bahwa pada suatu pagi di dekat rukun Yamani ( sisi atau sudut Ka’bah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *