10 Jenis Ilmu yang Harus Dikuasai Seorang Muslim

Menurut Ustadz Said Hawwa seorang ulama terkenal dari Ikhwanul Muslimin, ada sepuluh jenis ilmu yang harusnya dikuasai oleh seorang muslim.

1. Seorang muslim harus tau dengan baik tentang Allah, Rasulullah, dan Islam itu sendiri

Kalau kita mempelajari tentang Allah , bisa -bisa satu bulan enggak selesai loh? dan semakin kita tahu tentang-Nya , maka kamu semakin yakin akan keagungan dan kebesaran-Nya. Demikian juga tentang Rasulullah SAW sebagai suri tauladan ita. Bakal enggak ada habisnya kita mengaji tentang beliau.

2. Mengetahui tentang al-Qur’an.

Kita kan menyakini kalau al-Qur’an itu sebagai pedoman kita, maka kita harus tahu tentangnya. Selain kita harus bisa membaca dengan baik, banyak hal yang bisa kita pelajari dari kitab Allah ini. Kita bisa belajar tafsirnya, terus sebab turunnya ayat atau hukum di dalamnya. Dan banyak hal yang bisa kita ketahui.

3. As-Sunnah

Baik kandungan sarahnya maupun ilmu-ilmu yang berkaitan dengan nya. Dengan mempelajari as Sunnah atau al Hadits kita bisa tahu tentang hukum-hukum Islam. Dengan begitu kita bisa menjalani hari dengan amalan yang berdasarkan sunnah Nabi SAW.

4. Ilmu ushul fikih

Ilmu ini berbicara tentang kaidah-kaidah dasar yang dipergunakan untuk memutuskan suatu hukum dari dalil dalil global.

5. Ilmu akidah, akhlak dan fikih

Akidah adalah pondasi seorang muslim. Akidah yang kuat biasanya akan tercermin dalam akhlak sehari-harinya. semakin faham fikih maka ibadah kita jadi semakin mudah, dan tentunya semakin banyak fikih, semakin banyak amalan shaleh kita.

6. Sirah nabawiyah dan tarikh umat Islam

Sirah nabawiyah adalah ilmu yang membahas tentang perjalannan hidup Rasulullah dan para sahabat beliau untuk kemudian diambil mutiara hikmahnya. Kita harus tahu bagaimana Rasulullah SAW dan para sahabat membangun peradaban Islam ini. Dengan belajjar sirah kita bisa meneladani sifat mulia Nabi dan para sahabat.

Baca Juga  5 Keutamaan Tentang Puasa Senin Kamis

7. Ilmu bahasa Arab

Karena tidak semua orang Indonesia bisa bahasa Arab. Padahal al-Qur’an menggunakan bahasa Arab jadi kita harus berusaha belajar bahasa Arab.

8. Sistem musuh dalam menghancurkan Islam

Ilmu ini berkaitan dengan pola ghazw al-fikr (perang pemikiran) yang melancarkan untuk melumpuhkan perjuanngan Islam.

9. Studi Islam kontemporer

Umat Islam itu adalah Satu walaupun dipisahkan oleh Negara, benua, laut , kalau ada yang bersyahadat berarti orang itu adalah saudara kita.

10. Fikih dakwah

Setiap muslim itu berkewajiban untuk amal ma’ruf dan nahi mungkar. Untuk melakukan itu kita harus tahu caranya agar kita dapat mempengaruhi orang untuk berbuat baik dan mencegah kemungkaran. Yaitu dengan melalui dakwah.

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Windari Diah F

Windari
樫木ケイタ

Check Also

5 Keutamaan Tentang Puasa Senin Kamis

Usamah bin Zaid radhiyallahu anhuma belia menceritakan bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam terbiasa puasa setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *