Sejarah Singkat Lahirnya Tokopedia di Indonesia

Sejarah Singkat Lahirnya Tokopedia di Indonesia
4.0 (80%) 7 votes

Sejarah Tokopedia – semua bermula di tahun 2007, dua orang anak muda (william Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison) berusaha memecahkan masalah pembeli dan penjual online di Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan, sering kali pembeli tidak bisa bertemu langsung dengan penjual, pembeli takut ditipu, sudah transfer uang ternyata barang tidak dikirim.

Tokopedia hadir sebagai perantara, pembayaran baru diteruskan ke penjual setelah barang diterima pembeli, selain itu banyak pula individu ataupun pemilik Usaha yang ingin berjualan online tapi mereka terbentur masalah teknis, biaya, koneksi ke bank, koneksi ke pihak logistik, dan masalah pemasaran. Tokopedia hadir sebagai mall online yang mudah digunakan dan gratis tanpa biaya.

tapi perjalanan Tokopedia tidak mudah, selama 2 tahun 2 founder mencari pendanaan namun ditolak dimana-mana, minimnya kisah sukses perusahaan internet di Indonesia menjadi penyebabnya, namun berkat usaha keras mereka pada tahun 2009 Tokopedia mendapatkan suntikan dana, ide pun mulai bisa diwujudkan, bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia ke-64 di Indonesia tokopedia dirilis dengan visi membangun Indonesia lebih baik lewat internet.

Saat pertama kali dirilis respon pasar cukup baik, hanya butuh 12 menit pertama Tokopedia mendapatkan order pertama. saat itu Tokopedia hanya memiliki 4 pegawai dan mereka bekerja di rumah masing-masing. efek Bola Salju kemudian bergulir Tokopedia mulai diliput media, dari mulut ke mulut merchant terus bertumbuh. Tokopedia terus mendapatkan Pendanaan lanjutan setiap tahunnya, Pendanaan tersebut memungkinkan Tokopedia tetap menjadi layanan gratis dan bisa mengembangkan SDM berkualitas yang berpedoman pada 5 DNA Tokopedia yaitu Selalu Positif, Memecahkan masalah, Menjadi yang terbaik, Fokus pada pelanggan, Generasi Indonesia yang lebih baik.

siapa saja kini bisa berjualan online dengan mudah dan gratis di Tokopedia, mereka bisa menerima pembayaran dari semua bank di Indonesia, mereka bisa terkoneksi ke berbagai Logistic besar dengan fasilitas fitur ongkir otomatis, tracking realtime dan Semua itu gratis tanpa komisi.

Baca Juga  Kisah Pendiri Honda yang Sukses karena Ambisinya

Tokopedia terus bertumbuh bersama puluhan ribu merchant,puluhan ribu merchant tersebut sudah menjual lebih dari 2 juta produk setiap bulan, mereka menciptakan lapangan pekerjaan baru di sekitar mereka, pembeli tidak lagi khawatir bertemu langsung dengan penjual, semua bisa menggunakan Tokopedia di mana saja dan kapan saja karena di Tokopedia lebih lengkap, lebih murah dan lebih aman.

kini Tokopedia telah menjadi Mall Online terbesar di Indonesia dan ini baru permulaan mimpi dan harapan Tokopedia masih tetap sama, membangun Indonesia lebih baik lewat internet

Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki SMK N 2 Wonogiri lulus 2015 UNIV Negeri Yogyakarta lulus 2019 2019 - Sekarang Bekerja di SMK Gajah Mungkur 1 Wuryantoro, Wonogiri
Jumlah Post : 386 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Kisah Perjalanan William Tanuwijaya membangun Tokopedia