Kiat Menanamkan Sikap Disiplin dalam Diri

Kesuksesan tidak bisa diraih tanpa kedisiplinan. Hal ini adalah cermin bagi kita bahwa kalau ingin meraih kesuksesan maka kita harus disiplin. Oleh karena itu cobalah sejak sekarang tanamkan dalam diri bahwa kita harus disiplin. Kiat kiat berikut bisa membantu kita untuk disiplin.

1. Akuilah kalau Kita belum disiplin

Cobalah cermati aktivitas keseharian kita, Sudahkah kita bangun tepat waktu? Sudahkah Sholat tepat waktu? dan aktivitas lainnya perlu kita cermati. kalau ternyata belum tepat waktu maka akuilah kalau kita belum disiplin.

Biasanya kita akan membuat beribu alasan untuk menutupi ketidakdisiplinan kita. alasan capek, sibuk dan lainnya menjadi pelarian paling tepat untuk menutupi sikap kita yang belum disiplin. alasan seperti ini memang manusiawi karena kita pasti punya kesibukan. Tetapi kalau kita selalu mencari-cari alasan maka kesadaran untuk disiplin tidak akan terwujud. Untuk itu akui saja kalau kita belum disiplin dan mulailah berdisiplin sejak saat ini.

2. Kemauan yang Kuat

Seseorang bisa disiplin jika dilandasi kemauan untuk disiplin. jika sebelumnya masih sering malas-malasan maka dirinya harus mau berubah menjadi rajin. tanpa adanya kemauan perubahan itu akan sulit terjadi. saat seseorang memiliki kemauan tersebut dirinya sadar bahwa ada orang yang harus diperbaiki agar hidupnya lebih baik.

3. Keras terhadap Diri Sendiri

Maksudnya bahwa kita harus berani keras untuk menanamkan kedisiplinan terhadap diri sendiri. jangan bersifat lembek atau menyepelekan kedisiplinan. sikap keras seperti ini akan membuat disiplin menjadi tuntunan dalam diri sehingga kita terdorong untuk selalu memenuhi kebutuhan tuntutan tersebut.

Keras terhadap diri sendiri bukan dalam artian Keras secara fisik seperti menamparku pipi ketika tidak disiplin dan sebagainya. keras dalam hal ini adalah keras cara sikap. Tanamkan dalam diri bahwa keras terhadap kemalasan adalah sikap yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan.

Adapun kiat terakhir adalah menciptakan tantangan hidup setiap hari. buat tantangan yang bisa memacu kita agar terus mengalami perubahan yang lebih baik. manusia tanpa tantangan maka ia tidak memiliki tuntutan sehingga tidak disiplin. dengan adanya tantangan kita akan terpacu untuk menaklukkan tantangan tersebut.

Baca Juga  Kisah Sukses Ahmad Zaky CEO dan Pendiri Bukalapak.com

Selain beberapa hal di atas ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kedisiplinan kita semakin meningkat. kita harus menanamkan bahwa apa yang sedang kita kerjakan adalah sesuatu yang penting. bila kita percaya maka akan muncul akibat yang menguatkan sehingga kita akan berupaya untuk mendisiplinkan diri hingga tujuan terwujut.

Kemudian buatlah sasaran yang jelas dari apa yang kita kerjakan bila mempunyai sasaran yang sangat jelas dan realistis. tentu kita akan berupaya dengan segenap hati untuk mendisiplinkan diri agar sasaran itu benar-benar dapat terwujud. sasaran harus direalisasikan agar terwujud. dan tidaklah yang akan membuat sasaran itu tercapai adalah kita harus menetapkan prioritas yang jelas dalam setiap tindakan. karena tindakan yang benar akan melahirkan hasil yang benar. dengan melakukan tindakan yang benar yang dilandasi dengan alasan yang benar kita maka akan mampu mempertahankan disiplin sehingga bisa mencapai sasaran itu.

selain sasaran dan prioritas hal yang perlu kita miliki adalah ketekunan. ketekunan akan membuat kita mampu untuk mencapai prestasi yang besar karena dengan ketekunan kita bisa mempertahankan disiplin. Ingatlah bahwa kita dapat melakukan apa saja dan menjadi apa saja bila kita tekun melakukannya.

Adapun hal yang terakhir yang perlu kita miliki adalah dorongan hati yang kuat. dorongan hati mampu membuat diri kita termotivasi. motivasi yang kuat untuk mengejar impian dengan sendirinya akan mendisiplinkan  diri kita. semua akan menuai apa yang telah ditabur. hasil yang baik tidak datang begitu saja, bila kita menabur disiplin kita akan menuai keberhasilan dalam hidup. disiplin juga tidak datang dengan sendirinya, yang pasti disiplin itu harus kita ciptakan sendiri, diupayakan dan dilatih secara berkesinambungan.

Bila dilaksanakan dalam hidup maka anda akan menuai hasil yang sesuai dengan yang anda harapkan. untuk sukses dalam hidup ini kita harus mendisiplinkan diri untuk melakukan tindakan-tindakan yang benar sehingga menghasilkan buah-buah yang baik, maka bangun pagi lah agar kita bisa belajar untuk selalu disiplin

Source : Anas, Fakhtul. 2012. Meraih Kesuksesan sejak Dini Hari. Yogyakarta : Citra Risalah

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Cara Dropship Tokopedia dengan Aman dan Mudah

Dropship Tokopedia – Hay Teman teman, sesuai dengan judul di atas kali ini Kita akan …

One comment

  1. Warung Herbal Yogyakarta

    terimakasih kunjungi juga situs kami 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *