Rahasia dan Keunikan Unta sehingga Sanggup Hidup di Padang Pasir

Rahasia dan Keunikan Unta sehingga Sanggup Hidup di Padang Pasir
4.3 (86%) 1 votes

Unta merupakan hewan padang pasir yang punya banyak keistimewaan. beberapa bagian tubuhnya sangat membantu unta untuk hidup di padang yang panas dan berpasir.

ada dua jenis unta, yaitu unta berpunuk satu yang disebut dromedary atau unta arab, dan unta berpunuk dua atau yang disebut unta bactrian. cara mengingatnya mudah, untuk unta Dromedary bayangkan saja ada huruf D di punggungnya. Sedangkan untuk unta Bactrian punuknya 2 seperti huruf B yang diletakkan di punggungnya.

Pandai Menghemat Air

Punuk unta itu bukan berisi cadangan air looo, punuk unta berisi lemak yang dapat diubah oleh tubuhnya menjadi air dan sumber tenaga. unta dapat bertahan hidup di padang pasir yang panas karena unta dapat menghemat air dengan tidak banyak berkeringat. kalau seekor unta benar-benar kekurangan air tubuhnya akan menjadi kurus, akan tetapi kalau sudah menemukan sumber air untapun akan minum banyak sekali, unta bisa minum 35 galon air hanya dalam waktu 6 menit.

Bulu Mata yang Panjang

Bulu mata unta yang panjang berguna untuk melindungi matanya agar tidak kemasukan pasir. kalau sampai ada pasir yang lolos dari bulu mata itu unta masih punya kelopak mata ketiga. kelopak mata ini bisa digerakkan dari satu sisi ke sisi lain untuk mengusir pasir. kelopak mata ini sangat tipis dan tembus pandang. jadi unta masih dapat melihat ketika matanya tertutup kelopak mata ini.

Telapak Kaki yang Lebar

Telapak kaki unta kurang lebih sebesar piring, dengan kaki seperti itu unta jadi lebih mudah berjalan di padang pasir tanpa harus repot-repot menarik kaki yang amblas ke pasir, Coba deh kamu tusukan sebuah pensil ke dalam pasir, pensil itu akan langsung ambles bukan? coba lagi dengan meletakkan koin di ujung pensilnya, lebih susah amblesnya bukan? begitu juga kaki unta.

Baca Juga  Google Doodles, Arti Gambar Logo Google hari Ini

Dulu unta ditemukan di Afrika Utara dan Asia Barat, saat ini kita bisa melihat unta di berbagai tempat. Unta sudah lama dijinakan, karena itu unta sering dijadikan hewan peliharaan, hewan sirkus, hewan untuk berfoto di tempat wisata dannn apalagi menurutmu? Tuliskan di kolom komentar ya?hehe

Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 368 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Pengalaman Pasang WiFi NET1 di Kampung Pelosok