Daftar 14 Destinasi Wisata Kabupaten Wonogiri yang Mempesona

Assalamu’alaikum Warrahmatulahhi wabarakatuh, kembali lagi di Cronyos.com temen temen, berhubung si CEO dari Cronyos.com adalah penduduk asli wonogiri, maka tidak ada salahnya jika kali ini kita akanberbagi Daftar Destinasi Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Mempesona, siapa tau salah satu dari kalian ada yang lagi bingung cari tempat wisata untuk jalan jalan bareng keluarga atau temanya, temen ya, bukan pacar. 🙂 Berikut Daftar Destinasi Wisata Kabupaten Wonogiri yang Mempesona

1. Waduk Gajah Mungkur

Yah, Waduk gajah mungkur, Waduk yang terkenal di Wonogiri ini terletak 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, juga sebagai tempat memancing. Terdapat juga taman rekreasi “Sendang” yang terletak 6 km arah selatan Kota Wonogiri. Pada musim kemarau, debit air waduk akan kecil dan sebagian dari dasar waduk kelihatan. Dasar waduk yang di pinggiran dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung.

2. Puncak Cumbri

Bukit Cumbri adalah sebuah bukit dengan ketinggian 638 mdpl. letaknya di Perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Ponorogo. tepatnya di Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri sisi menarik dari bukit cumbri adalah puncaknya yang banyak batu batu besar cocok buat foto atau selfie dan menikmati sunrise. Kalo kita ingin ke Gunung cumbri arah dari Solo ke arah Wonogiri baru ke arah Ponorogo dari Solo sekitar 95 km atau 2,5 jam perjalanan naik bus atau jika dari Madiun arah Ponorogo setelah kota Ponorogo cari arah Purwantoro Wonogiri.

3. Museum Karst

Museum Karst Pracimantoro ini terletak di desa Gebangharjo, kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari Wonogiri kota. Museum Karst ini dinilai sebagai museum terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri terdapat setidaknya 3 museum karst tapi hanya di Wonogiri yang menggambarkan keseluruhan kondisi di Indonesia.
Untuk masuk di dalam museum tidak dikenakan biaya alias GRATIS. Namun, di loket kawasan wisata ada tarifnya karena museum karst berada di lokasi wisata Gua di Pracimantoro. Tiket masuknya beda-beda. Pada hari Senin sampai dengan Sabtu sebesar Rp 3.000 sedangkan hari Minggu Rp.4.000. Bagi yang membawa kendaraan juga dikenakan biaya masuk. Kendaraan besar seperti bus sekitar Rp 10.000, mini bus sekitar Rp 5.000, mobil Rp 3.000 dan sepeda motor Rp 1.500. Oh ya, museum karst pada hari Jumat tutup sementara hari-hari yang lain tetap buka termasuk hari Minggu. #harga sewaktu-waktu bisa berganti.

4. Gantole

jika kalian pergi ke wonogiri atau jalan-jalan ke wonogiri untuk berwisata, tak ada salahnya jika mengunjungi objek wisata yang satu ini.Tempat ini juga sebagai alternatif untuk melihat sunset dan melihat keindahan waduk gajah mungkur dari ketinggian Letak tempat bukit gantole Wonogiri tidak jauh dari dari waduk serba guna gajah mungkur, kira-kira berjarak 6 Kilometer dari sana. jadi tempat ini sayang kalau di lewatkan

5. Pantai Sembukan

Pantai yang terletak di Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini, memiliki nuansa alam yang sangat indah. Pantai ini berada di ujung selatan Wonogiri, sekitar 40 km. Bagi kalian yang ingin menuju ke pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Wonogiri. Dengan membayar Rp 3.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Sembukan. Pantai Sembukan tidak hanya memiliki deburan ombak saja, tapi juga karang yang membentuk bukit-bukit cantik. Panorama ini membuat peraduan mata bisa melihat dari sudut mana pun. Walaupun terletak di ujung dan terpencil dari kota, akses untuk menuju Pantai Sembukan sudah memadai. Selama perjalanan, terlihat keindahan yang dirangkai oleh kombinasi bukit bebatuan karst dan tumbuhan khas wilayah tersebut.

6. Pantai Nampu

Pantai di Kabupaten Wonogiri ini memiliki pemandangan pasir putih dan batu karang yang sangat indah. Pantai ini bisa dibilang masih asri dan belum banyak terjamah manusia. Udara pantai yang segar dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Nampu ini berada di Kecamatan paranggupito Wonogiri, untuk mencapainya dapat dilakukan dengan naik bis umum dari Kota Solo ke arah Kecamatan paranggupito. Tiket masuk sangat murah yaitu hanya sebesar 2000 rupiah.

7. Air Terjun Binagun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air terjun Binangun Watu Jadah. tempat wisata ini tersembunyi karena akses menuju lokasi yang membutuhkan waktu yang tak sedikit. Wisatawan yang ingin menuju ke air terjun Binangun Watu Jadah harus menempuh perjalanan kaki selama 1 jam yang harus melewati persawahan dan perbukitan di sekitar gunung Lawu. Lokasi air terjun ini berada di desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurmo. Pemandangan dan semburan dingin air di tempat wisata ini akan menjadi obat setelah menempuh jarak dan waktu yang cukup lama.

Baca Juga  Goa Powon, Alternatif Wisata Murah dan Edukatif di Kota Bandung

8. Sentren Giri Manik

Pemandangan di tempat ini akan memukai wisatawan dengan paduan air terjun nan indah. Air terjun tersebut berlokasi di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Akses menuju objek wisata ini harus menempuh jarak sekitar 30 km dari kota Wonogiri tepatnya menuju ke arah timur. Biasanya air terjun Setren akan dipadati wisatawan setiap harinya, namun akhir pekan adalah waktu kunjungan terpadat.

9. Goa Putri Kencono

Goa ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Karakter utama goa ini adalah memiliki banyak stalagmid dan stalagtid yang terdapat di sepanjang goa. Luas goa yang memiliki nama Putri Kencono ini sekitar 1000 m2.. Goa Putri Kencono terdapat di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak sekitar 40 km jika dilalui dari kota Wonogiri. Wisatawan bisa menikmati keunikan goa dengan ciri khas batu-batu menggantung.

10. Museum Wayang

Museum Wayang Kulit Wuryantooro adalah sebuah museum yang berlokasi di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jarak dari kota sekitar 15 km dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang dari 30 menit.Museum Wayang Indonesia terletak di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro kabupaten Wonogiri pada Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro km 13.buka tiap hari kerja dari Senin – Sabtu pukul 07.00 – 14.00. Tiket masuknya pun gratis, alias tidak membayar.

11. Plinteng Semar (Taman Selopadi)

Plinteng Semar merupakan daya tarik utama pada Taman Selopadi yang merupakan tempat bersantai bagi masyarakat. Dari taman seluas 0,5 hektar ini, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Wonogiri dari ketinggian taman tersebut. Plintheng Semar dapat menjadi salah satu landmark Kota Wonogiri, karena lokasinya yang terletak di pinggir jalan raya utama Wonogiri – Solo. Tempat ini sangat tepat untuk istirahat saat anda lelah dalam perjalanan dan melewati kota wonogiri.

12. Hutan Jati Danalaya

Tempat wisata alam ini berada di kawasan Slogohimo. Donoloyo merupakan daerah pegunungan dengan hutan yang menakjubkan karena hutan ini berupa hutan jati dengan pohon jati yang sangat besar dan tua. Dari tempat inilah dulu kayu untuk membangun Keraton Surakarta didatangkan. Kawasan ini serting dikunjungi para pelajar untuk berkemah dan wisata sejarah Meski demikian, pengunjung umum tetap diperbolehkan untuk berwisata di hutan ini. Tempat ini juga sering digunakan untuk penelitian.

13. Goa Ngantap

Goa Ngantap merupakan salah satu alternatif obyek wisata yang murah. Terutama bagi anda yang suka petualangan. Bagi anda yang sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja dan ingin sesuatu yang beda Goa Ngantap sebagai alternatifnya. Gua Ngantap adalah salah satu gua yang terdapat di kelurahan Bayemharjo, kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Goa ini berbentuk seperti cerugan (cekungan kedalam) yang di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luas dan tinggi. Beberapa bebatuan didalamnya masih dialiri air, bahkan tetesan air tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air bersih. Untuk menuju Goa Ngantap wisatawan harus rajin bertanya kepada penduduk lokal karena penunjuk ke tempat ini sangat minim. Sedangkan sarana dan fasilitas yang ada di tempat ini sendiri sepertinya telah lama ditinggalkan dan tidak terawat. Namun demikian, kondisi goa sendiri masih terjaga dan batu-batuan didalamnya masih memiliki daya tarik yang cukup khas.

14. Pantai Banyu Towo

Pantai Banytowo di Wonogiri memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan pantai lainnya, yaitu memiliki air yang tawar tidak asin. Air tawar ini bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di Pantai. Seperti kita ketahui bahwa di wilayah Wonogiri terdapat hamparan karst yang sagat luas. karst ini sangat memungkinkan pembentukan air bawah tanah di bawah permukaan. Selain air tawarnya,daya tarik wista pantai Banyutowo ini adalah pemandangannya yang indah. Tempat Wisata Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Untuk perjalanan darat biasanya diperlukan 4 jam dari pusat Kota Wonogiri.

Demikianlah Daftar Destinasi Wisata Kabupaten Wonogiri yang Mempesona yang penulis ambil dari beberapa sumber, sebenarnya masih banyak lagi Destinasi destinasi lainya, namun karena keterbatasan waktu mungkin itu dulu. jika ada yang mau menambahkan sangat kami persilahkan (hubungi admin),
Saran dari penulis

  1.  Jangan Buang sampah Sembarangan
  2. Jangan dicorat coret
  3. Jangan dijadikan tempat Mesum
  4. Share dan Publikasikan biar Banyak Orang yang tau tentang Destinasi Wisata Wonogiri

Jazakallahu khairan katsiran atas kunjunganya, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

6 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia untuk Foto Selfie Instagram

Nggak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa berfoto. setelah berfoto cobalah unggah foto kamu di media sosial. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *