Berapa Tinggi Maksimal Suatu Bangunan bisa dibangun?

Berapa Tinggi Maksimal Suatu Bangunan bisa dibangun?
3.6 (72%) 2 votes

Tiap tahunnya kita selalu dengar kabar selalu ada bangunan super tinggi baru yang akan dibangun dan sampai kapan hal itu akan berhenti?? Apakah ada batas seberapa tinggi suatu bangunan bisa dibangun?? meskipun belum ada teori secara pasti namun menurut perhitungan seorang ahli “bangunan tertinggi yang bisa kita buat tingginya 21 meter lebih tinggi daripada Gunung Everest” itupun bentuknya tak akan seperti yang umumnya kita bayangkan tentunya, itu karena banyaknya tantangan yang harus kita hadapi untuk mendirikan bangunan super tinggi tersebut, salah satu tantangan tersebut adalah angin.

angin yang sepoi – sepoi yang nikmat kita rasakan dibawah bisa terasa sangat kencang di atas sana, tentunya ini bisa berakibat sangat buruk, Oleh karena itu seperti halnya Pohon, bangunan super tinggi juga dapat berayun Ketika diterjang angin kencang, hal itulah yang menjadi alasan kenapa bangunan super tinggi harus dibuat dengan fondasi yang sangat kuat dan juga struktur inti yang sangat sangat kuat sehingga mampu menahan terjangan angin yang kencang

Masalah selanjutnya adalah elevator, karena tanpa elevator Percuma saja kita mendirikan bangunan super tinggi, bayangkan jika bangunan memiliki 150 lantai dan tanpa elevator?? jadi meskipun terdengar sepele tapi nyatanya hingga kini elevator hanya bisa mengangkat beban dalam jarak maksimal 600 meter, lebih dari itu kabel elevator akan jatuh akibat bebannya sendiri, Oleh karena itu untuk bangunan super tinggi kita harus berganti-ganti elevator untuk dapat naik ke atas.

kemudian, tentu saja kita tidak bisa membuat jiplakan bangunan yang super tinggi dan kita buat versi lebih besar nya lagi, karena bangunan itu akan ambruk akibat bebannya sendiri, Oleh karena itu kita membutuhkan material bangunan yang jauh lebih ringan dan struktur yang Sangat kokoh untuk bisa membangun bengunan yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga  12 Kota dengan luas wilayah terkecil di Indonesia

sekalipun semua tantangan itu bisa di hadapi, tantangan besar lainnya adalah biaya mendirikan bangunan super tinggi pastinya sangat Muahallll, contohnya bangunan tertinggi saat Artikel ini dibuat yaitu Burj Khalifa di Dubai yang menelan biaya satu setengah miliar dolar Amerika Serikat yang nilainya bisa kita belikan 5000 mobil Lamborghini yang setelah dibeli ntah mau diparkir di mana, wkwkwk

Namun semua tantangan itu sama sekali tak menghalangi ambisi kita untuk terus membangun lebih tinggi lagi, dalam beberapa tahun Kingdom tower di Arab Saudi akan jadi bangunan pertama yang memiliki tinggi 1 km, dan mungkin jika suatu saat kita memiliki teknologi yang cukup untuk membangun bangunan yang bisa melebihi Kongdom Tower, lalu Apakah kita masih bisa membangun lebih tinggi lagi daripada itu?? mungkin saja jika kita membangun elevator yang bisa membawa kita ke angkasa?? meskipun terdengar mustahil tapi sangatlah mungkin untuk dibuat dengan teknologi masa depan dan jika benar-benar dibuat mungkin elevator angkasa inilah yang akan menjadi objek paling tinggi yang pernah dibuat oleh Kita sebagai manusia.

Print Friendly, PDF & Email
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki
Jumlah Post : 373 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Pengalaman Pasang WiFi NET1 di Kampung Pelosok