12 Kota dengan luas wilayah terkecil di Indonesia

Baik masyarakat Indonesia atau masyarakat dunia sudah banyak yang mengetahui jika Indonesia itu adalah negara kepulauan yang terdiri atas belasan ribu pulau baik pulau dengan luas terbesar seperti Kalimantan sampai pulau pulau berukuran kecil yang terkenal seperti pulau Bunaken di Teluk Manado, namun jarang diketahui jika Indonesia ini juga terdiri atas 415 Kabupaten, 1 kabupaten administrasi , 93 kota dan 5 kota administrasi. Di antara sekian banyak tempat yang bisa ditinggali kebanyakan masyarakat memilih untuk tinggal di daerah perkotaan. tapi Tahukah anda bahwa tidak semua kota di Indonesia ini memiliki jumlah luas yang besar?? beberapa kota yang cukup terkenal ternyata memiliki luas wilayah yang sangat kecil. inilah kota-kota di Indonesia dengan luas terkecil di Indonesia :

1. Kota Sukabumi

Berada 96 km di sebelah barat Bandung dan 120 km sebelah selatan Jakarta luas wilayah Kota Sukabumi yaitu 48,25 km persegi dan menjadi salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di provinsi Jawa Barat. menurut sensus tahun 2010 kota Sukabumi memiliki penduduk sebanyak 298681 jiwa sehingga Tingkat kepadatan penduduknya 6190,28 jiwa per km persegi.

Baca Juga  5 Bangunan Khas Indonesia yang ada di Manca Negara

2. Kota Pekalongan

Kota ini termasuk dalam wilayah Jawa Tengah yang terdiri atas empat Kecamatan dan terletak di jalur Pantura yang menghubungkan antara Jakarta – Semarang – Surabaya, Kota yang berjarak sekitar 101 KM sebelah barat Semarang Ini mendapat julukan kota batik,kota yang juga memiliki pelabuhan perikanan terbesar di pulau Jawa ini mempunyai luas wilayah hanya sekitar 45,25 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sampai dengan tahun 2013 adalah 327256 jiwa, ini berarti tingkat kepadatan penduduknya mencapai 7232 jiwa per km persegi

3. Kota Surakarta

nama Surakarta sendiri kerap digunakan dalam situasi formal pemerintahan, sedangkan masyarakat umum kerap menyebut kota ini sebagai Kota Solo, Jogjakarta dan Solo merupakan pewaris kerajaan Mataram pada tahun 1755. kota yang terletak di Jawa Tengah ini hanya memiliki luas 44,03 km persegi. meski luas wilayahnya kecil namun Kota Surakarta atau Solo merupakan kota terbesar ketiga di Pulau Jawa. dengan jumlah penduduk 545653 jiwa di tahun 2013 maka per km2 di Kota Surakarta atau Solo dihuni oleh sekitar 13636 jiwa. Sisi Timur kota ini dilewati sungai yang diabadikan dalam salah satu lagu keroncong yang melegenda yaitu lagu Bengawan Solo.

4. Kota Tegal

Kota Tegal adalah kota yang dikenal dengan julukan kota bahari. Tegal sendiri adalah salah satu wilayah otonom di provinsi Jawa Tengah yang hanya memiliki luas 39,407 km2. Kota yang mempunyai hari jadi tanggal 12 April 1508 ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, laut Jawa di sebelah utara serta Kabupaten Tegal di sebelah selatan dan timur hingga tahun 2013 penduduk kota Tegal berjumlah sekitar 254450 jiwa dengan tingkat kepadatan 6446 jiwa per km2.

5. Kota Cirebon

dengan luas wilayah 37,54 km2, dahulu kota yang berada di pesisir Laut Jawa ini merupakan ibukota Kesultanan Cirebon dan Kabupaten Cirebon, namun sekarang ibukota kabupaten Cirebon kini telah dipindahkan ke Sumber, kota yang terkenal dengan makanan nasi Jambang dan tahu gejrot ini adalah daerah pertemuan budaya Jawa dan Sunda sejak beberapa abad silam, akibatnya masyarakat Cirebon biasa menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Sunda dan bahasa Jawa,

6. Kota Blitar

wilayah yang mempunyai julukan kota proklamator yaitu Kota Blitar terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur sekitar 167 KM sebelah Selatan Kota Surabaya, kota kecil yang terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia / presiden Soekarno ini mempunyai luas wilayah 32,58 km persegi. dengan jumlah penduduk 132.106 jiwa pada tahun 2010 dan memiliki tingkat kepadatan 4100 jiwa per km2.

7. Kota Jogja
Kota yang pernah dijadikan sebagai ibukota negara Indonesia. kota Yogyakarta yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono dan Pangeran Paku Alam dengan luas wilayah 32,5 km2. sementara dari data tahun 2010 jumlah penduduk kota Jogja mencapai 430.735 jiwa sehingga Tingkat kepadatan penduduk yang mencapai 13.253,38 jiwa per km2.

8. Kota Bukit Tinggi
Kota Bukit tinggi adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 25,24 km2. kota yang dulunya disebut dengan Fort de Kock ini merupakan kota kelahiran wakil presiden pertama RI, di kota kecil ini terdapat sebuah Monumen yang terkenal di ketinggian jantung Kota Bukittinggi, berbentuk jam besar seperti yang ada di Inggris yaitu Jam Gadang.

9. Kota Padang Panjang

Kota berhawa sejuk yang mempunyai ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut ini memiliki julukan sebagai Mesir Van Andalas dan kota Serambi Mekah, luasnya 23 km2 berpenduduk 104.499 jiwa pada 2010 dengan kepadatan penduduk 4543,43 jiwa per km2.

10. Kota Magelang

daerahnya terbilang unik, kota ini terletak di tengah Kabupaten Magelang. ini terjadi cara memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru kota yang memiliki posisi yang strategis. kota yang berada di jalur utama Semarang – Jogjakarta ini berada 75 KM sebelah Selatan Semarang atau 43 KM sebelah Utara Jogjakarta. Kota Magelang hanya mempunyai luas 18 koma 12 km2. kota ini juga terkenal akan kulinernya yaitu wedang kacang

11. Kota Mojokerto

Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dilihat dari penerimaan asli daerah setiap tahun yang terus mengalami peningkatan. Kota Mojokerto menjadi salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan Metropolitan Surabaya, luas wilayah kota ini adalah 16.465 KM persegi dengan jumlah penduduk 130.196 pada tahun 2010 dan tingkat kepadatan penduduk 6.792 per km2.

12. Kota Sibolga
Kota Sibolga yang masuk dalam salah satu Kotamadya di Sumatera Utara. Kota dengan oleh-oleh khasnya yaitu ikan teri dan ikan asin ini terletak di pantai barat Pulau Sumatera yang membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan dan berada pada kawasan teluk. Kota Sibolga mempunyai luas wilayah 34,36 km2 dimana daratan di wilayah kota ini hanya mencapai 10,77 km2

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin

Giri Wahyu Pambudi – Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

9 Keistimewaan Kota Jogja untuk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *