Kelebihan Linux dibandingkan dengan Windows

Open Source

image source : codeablemagazine.com

Linux adalah Sistem Operasi gratis yang opensource, itu artinya semua kode untuk membuat OS Linux bisa kalian dapatkan secara gratis, kalianpun dapat menemukan berjuta juta jenis OS Linux yang dibuat oleh berbagai macam orang dari seluruh penjuru dunia, kalian pun dapat dengan mudah memodifikasi kode OS sesuai kebutuhan.

ditambah sebagian besar aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini juga open source yang tentu sangat menguntungkan, hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows ada alternatifnya di Linux, So dengan sistem operasi ini tentu sangat mudah bagi kalian atau mengembangkan software sesuai dengan yang kalian butuhkan

Stabilitas

image source : desingskew.com

Memang tidak dapat dipungkiri komputer Windows membutuhkan processor dan VGA yang besar untuk membuat os-nya bekerja dengan maksimal, Tapi tidak untuk Lunux, Linux didesain sangat ringan sehingga kalian bahkan hampir tak dapat membedakan komputer dengan spesifikasi tinggi maupun rendah. seperti dijelaskan sebelumnya dengan bermacam software gratis yang dibuat oleh beragam developer, Linux tentunya menjadi pilihan terbaik dalam mencari software yang paling stabil. meski softwarenya gratis kalian dapat membayar para developer untuk mengembangkannya, jadi jangan takut Linux akan kalah dengan OS lainnya ya.

Keamanan

image source : makeuseof.com

Hampir sama seperti Apel, Linux memiliki sistem keamanan yang lebih unggul dibanding Windows. dapat dikatakan semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus Trojan, Sypyware dan sejenisnya. hal ini hampir mustahil terjadi pada Linux, Sejak awal Linux didesain multi user, jika ada virus yang menjangkit user tertentu maka akan sangat sulit untuk menjangkiti dan menyebar ke user lain, barangkali ini lantaran mayoritas pengguna Linux adalah programmer sendiri yang tentunya membuat para hacker kesulitan  untuk membuat virus.

Baca Juga  Spesifikasi New Nokia 3310, Si Jadul yang Lahir Kembali

Banyak Pilihan Bahasa Pemrograman

image source : nfly.in

Bahasa program sangatlah, mungkin yang orang awam ketahui hanya sebatas HTML dan CSS saja. tapi disamping itu sebenarnya masih banyak banget bahasa pemrograman yang lainnya. sepertiC++, Java, PHP, Perl, Ruby, Pyhton dan masih banyak lagi. perlu diketahui untuk menjalankan berbagai macam bahasa program seperti ini sangatlah sulit, tapi tidak untuk Linux, di Linux kalian bisa menggunakan semuanya, So buat kalian yang tak mengerti banyak soal pemrograman jangan harap kalian bakal menyukainya 🙂

Balik lagi, kalau kalian sendiri gak ngerti coding maka siap siap aja deh menghadapi banyak masalah di awal menggunakan Linux, tapi jangan takut apalagi bimbang, sekarang udah tersedia banyak video untuk mempelajari Linux mulai dari YouTube hingga online tutor yang live, disitu kalian bisa bertanya langsung pada ahlinya.

Source : https://www.youtube.com/watch?v=eXs1l3KZ0zM

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin

Giri Wahyu Pambudi – Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Download Software Kasir / Aplikasi Toko 100% Gratis No Hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *