Cara Mensimulasikan Arduino di Isis Proteus

Cara Simulasi Arduino di ISIS Proteus – Simulasi adalah cara terbaik untuk memastikan suatu rangkaian yang kita buat apakah bekerja dengan baik atau tidak sebelum kita membuat alat / rangkaian yang sesungguhnya. Nah, salah satu sofware simulasi rangkaian elektronik adalah Proteus. dan sesuai dengan judul kita kali ini akan mencoba mensimulasikan Arduino menggunakan Isis Proteus. Program yang akan kita coba nanti adalah program blink.

1. Setting Software Arduino IDE

Sebelum Memulai Simulasi pastikan di Pengaturan Arduino IDE bagian File > Preference, “Show verbose output” bagian compilation tercentang. karena dengan pengaturan itu kita dapat mengambil file .hex yang akan kita gunakan  untuk simulasi nanti.

2. Menambahkan Library Arduino di Proteus

Karena kita kali ini bicara tentang simulasi arduino mengggunakan proteus maka pastikan kalian memiliki Software Proteusnya ya. Secara default Software Proteus tidak memiliki Library Arduino. untuk itu kita perlu menambahkannya secara manual. caranya adalah download Library berformat .Rar di akhir artikel ini lalu extraxk File bernama “Arduino.idx” dan” Arduino.lib” di C>Program Files>Labcenter Electronics>Proteus 7 Professional>library. Setelah itu restart software Proteus kamu dan ketikan kata arduino di library part / komponen. maka kalian akan mendapatkan part baru bernama arduino yang dapat kalian gunakan.

3. Compile Program Arduino dan Mulai Simulasi

Setelah kita berhasil menambahkan library arduino sekarang kita akan coba mensimulasikan program blink di proteus. Buka Software Arduino IDE kalian lalu tambahkan program blink di File>Example>01. Basics>Blink, Lalu compile dengan mengklik icon bertanda centang. setelah proses selesai maka pada bagian bawah cari link / lokasi file .hex kalian berada. jika sudah ketemu copy alamat / link tersebut. Lalu buka Proteus kalian lalu buat rangkaian seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga  Rangkaian Tempat Sampah Bersuara Arduino

Jika sudah klik 2x pada board arduinonya lalu pastekan link alamat file hex hasil compile’lan program blink kalian tadi di Bagian “Program File””. dan jalankan simulasinya dengan mengklik icon start. daaannn selamat kalian telah berhasil menjalankan program blink menggunakan arduino di isis proteus.

Mungkin cukup sekian dulu tutorial kali ini, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. semoga bermanfaat dan terima kasih . 🙂

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin

Giri Wahyu Pambudi – Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Artikel Serupa

Check Also

Kontrol nyala LED Arduino via Bluetooth Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *