Cara Memasukan / Menambahkan Library di Arduino IDE

Cara Memasukan / Menambahkan Library di Arduino IDE – Assalamu’alakum teman teman cronyos.com, menindak lanjuti komentar teman teman yang sering komen katanya sketch Arduino di Tutorial tutorial di blog ini banyak yg tidak bisa di compile / di uploud. sebenarnya mshlah itu bukan di kodenya. namun pada Arduino IDE kalian yang belum ada Library yg digunakan pada kode saya. untuk itu kita kali ini akan belajar cara menambahkan library baru ke Arduino IDE.

Apa itu Library?

Library adalah kumpulan kode yang memudahkan Anda terhubung ke sensor, display, modul, dll. Misalnya, Library LiquidCrystal yang terpasang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan display LCD. Ada ratusan Library tambahan yang tersedia di Internet untuk diunduh. Baik itu Library bawaan Arduino IDE ataupun  Library yang dibuat sendiri oleh komunitas atau peroranan seperti Adafruit ataupun library yang berceceran di GitHub. Nah, Untuk menggunakan Library tambahan, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Cara Menginstal Library

1. Menggunakan Manager Library

Untuk menginstal sebuah Library baru ke dalam IDE Arduino Anda, Anda dapat menggunakan Library Manager (tersedia sejak Arduino IDE versi 1.6.2). Buka Arduino IDE dan klik ke menu “Sketch” dan kemudian Include Libary > Manage Libraries .

Kemudian Sketch Manager akan terbuka dan Anda akan menemukan daftar Library yang sudah terpasang ataupun Library baru yang siap untuk di instalasi. Dalam contoh ini kita akan menginstal library Bridge. Gulir daftar untuk menemukannya, lalu pilih versi Library yang ingin Anda instal. ( beberapa Library terkadang hanya ada satu versi Library yang tersedia)

Langkah selanjtnya adalah klik instal dan tunggu IDE untuk menginstal library baru. Setelah selesai, sebuah tag Installed akan muncul di sebelah Library Bridge.  Setelah terinstal, sekarang kita dapat menemukan Library baru yang tersedia di menu Include Library.

Baca Juga  Belajar Arduino : Mengukur Tegangan dan Menampilkannya pada Monitor

2. Mengimpor Libray .zip hasil Download’an

Terkadang Library hasil buatan sesorang banyak dan sering yang didistribusikan sebagai file ZIP atau folder sehingga dapat kita unduh, di GitHub misalnya. Nama folder adalah nama Library. Di dalam folder tersebut akan ada file .cpp, file .h , Folder Contoh Sketch, dan file lainnya yang dibutuhkan oleh Library. Dimulai dengan versi 1.0.5, Kita bisa menginstal library pihak ke-3 di IDE. Jangan unzip Libray yang telah didownload, biarkan seperti apa adanya.

Di Arduino IDE, Masuk ke Menu Sketch> Include Library . Di bagian atas daftar drop-down, pilih opsi “Add .ZIP Library ”.

Anda akan diminta untuk memilih Library yang ingin Anda tambahkan. klik add .ZIP library, lalu cari file ZIP yang ingi anda instal.

Kembali ke menu Sketch > Include Library . Nah, Kalian akan melihat Library Baru di bagian bawah menu drop-down. klik Library tersebut untuk memasukakanya ke dalam Sketch coding kalian.

3. Instalasi manual

Bila Anda ingin menambahkan Library secara manual, Anda perlu mendownloadnya sebagai file ZIP, lalu extrack file tersebut. (Klik Kanan pada File ZIP lalu pilih extract to “nama file” ), setelh folder hasil extrakan tersedia, selanjutnya kita harus memasukannya kedalam folder di C:\Users\NamaPC\Documents\Arduino\libraries.

Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.

Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About admin

Admin
Giri Wahyu Pambudi - Seorang Anak Desa yang berkeinginan membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki

Check Also

Cara Menggunakan ATmega 32 dengan Premrograman Arduino IDE

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, kalian lagi cari cara burning Bootloader Arduino ke Atmega 32? atau kalaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *