Belajar Arduino Part 1 – Pengenalan Arduino

Belajar Arduino Part 1 - Pengenalan Arduino
4.3 (86%) 4 votes

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, ada yang lagi mau belajar pemrograman?? tepat sekali kalian membuk web ini, karena kali ini kita akan belajar Arduino setep by step dari awal. Arduino adalah sebuah komputer berukuran mungil (juga disebut “mikrokontroler”;) yang dapat diprogram dan dapat digunakan untuk mengontrol sebuah rangkaian. Arduino dapat di gabungkan, eh digabungkan, ddiiiii apa ya??? di sambungkan gitu ajalah, disambungkan degan sensor, leds, motor, speaker … bahkan internet; ini membuatnya menjadi platform yang fleksibel untuk banyak proyek-proyek kreatif.

sebenarnya ada beberapa mikrokontroler di pasararan saat ini, tapi menurut saya arduinolah yang paling mudah dipelajari saat ini, sampai2 saya yang dulunya awam, haaaa?? awam??? iyaalah, saya ini basicnya otomotif,hehe tapi sekarang sudah lumayan bsa belajar pemrograman lewat si arduino ini, . Jika Anda mencari di google atau youtube, Anda akan menemukan begitu banyak informasi yang bisa kalian pelajari. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki pengalaman belajar pemrograman.

Oke, langsung saja kita mulai kuliahnya anak anak, hehe, doakan ya biar jadi dosen beneran :)

pertama siapkan komponen2 berikut

(1x) Arduino Uno + kabel Usb’nya¬†(Link Tokopedia)
(1x) Breadboard (Link Tokopedia)
(1x) kabel jumper (Link Tokopedia)
(4x) LED (Link Tokopedia)
(4x) 220 Ohm resistor
(1x) 10k Ohm resistor
(1x) Push button (Link Tokopedia)
(1x) 10kOhm potensiometer (Link Tokopedia)
(1x) LED RGB (common katoda) (Link Tokopedia)

Buanyak buangett?? hehe, ndak harus dibeli semua kok. satu persatu sambil nabung, itu komponen untuk kuliah kita satu semester kedepan:)

Sebelum mulai mari kita kenalan dulu dengan si Arduino.

Arduino Uno r3

Pertama kita akan melihat di semua bagian dari Arduino. atau kalian bisa lihat Spesifikasi Arduino UNO R3. Arduino pada dasarnya adalah sebuah komputer yang kecil. Arduino Uno ini menggunakan IC / chip Atmega 328P, yaitu chip terbesar di papan. Chip ini mampu mengeksekusi program yang tersimpan di memori (32 kilobyte).

Kita dapat membuat dan memasukan program ke chip tersebut menggunakan kabel USB dengan bantuan software Arduino IDE (download di situ resminya). Port USB juga sebabagi powersupply untuk si manis Arduino. Atau, kita bisa menyalakan atau kita bisa memberikan power supply mealui jack 12 Volt DC, dalam hal ini kita tidak perlu koneksi USB.

Arduino memiliki beberapa pin, antara lain pin digital, pin analog dan pin PWM. Arduino memiliki 14 pin digital, diberi label 0-13, yang beberapa diantaranya bisa digunakan sebagai pin PWM (Pulse With Modulation). Arduino juga dilengkapi dengan pin ADC (analog to digital converter) pin ini digunakan untuk membaca tegangan analog dari sensor atau komponen lain. namun pin ADC ini juga bisa kita fungsikan sebagai pin digital.

Bersambung ke Pertemuan Selanjutnya ya :) yaitu Tutorial Belajar Pemrograman Arduino untuk Pemula Part 2 : Pengenalan Breadboard , Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga  Belajar Pemrograman Arduino untuk Pemula Part 2 : Pengenalan Breadboard
Share your vote!


Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Giri Wahyu Pambudi

Giri Wahyu Pambudi - Seorang Pemuda Desa yang berkeinginan ikut membangun Indonesia dengan Sedikit Ilmu yang dimiliki SMK N 2 Wonogiri lulus 2015 UNIV Negeri Yogyakarta lulus 2019 2019 - Sekarang Bekerja di SMK Gajah Mungkur 1 Wuryantoro, Wonogiri
Jumlah Post : 384 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Cara Mengakses Sensor Tegangan DC menggunakan Arduino