Mengenal Model Pembelajaran Sentra pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Model pembelajaran sentra pertama kali dikembangkan oleh creative curiculum yang mengelola kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dengan inisiatif anak. Model sentra ini dikenalkan di Indonesia oleh Dr. Pamela Phelps dari CCCRT Florida.

Didalam model pembelajaran sentra dilengkapi 3 jenis kegiatan main yaitu bermain sensorimotorik, main peran dan main pembangunan. Keragaman main pada sentra disebut juga densitas main yang memfasilitasi anak untuk dapat memilih mainan sesuai dengan minatnya. Dalam sentra setiap kelas akan berpindah bermain dari satu sentra kesentra lainnya setiap hari. Setiap sentra dikelola seorang guru. Proses pembelajarannya dengan menggunakan 4 pijakan yaitu pijakan penataan alat (pijakan lingkungan), pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah bermain.

Model pembelajaran sentra adalah pendekatan pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya dilakukan di dalam ‘lingkaran’ (circle time) dan sentra bermain. Lingkaran adalah saat dimana guru duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan sebelum dan sesudah bermain.

Sentra bermain adalah zona atau area dengan seperangkat sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak didik dalam berbagai aspek perkembangan secara seimbang, serba seimbang. Sentra dibuka setiap harinya disesuaikan dengan jumlah kelas.

Pembelajaran yang berpusat pada sentra dilakukan secara tuntas mulai awal kegiatan sampai akhir dan fokus oleh satu kelompok usia dalam satu sentra kegiatan. Setiap sentra mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis bermain yaitu bermain sensorimotor atau fungsional, bermain peran dan bermain konstruktif (membangun pemikiran anak)

Sumber : Kurikulum Raudhatul Athfal, Kementrian Agama Republik Indonesia

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini
Vote and Share your Fell !
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

About Zafira Wafa

Jumlah Post : 59 Artikel

Artikel Serupa

Check Also

Perbedaan Validitas Isi dan Validitas Konstruk